Sabtu 24 Apr 2021 18:59 WIB

10 Kiat Berdamai dengan Long Covid

Gejala yang muncul selama long Covid bisa sangat mengganggu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Covid-19, Gejala long Covid rata-rata berlangsung selama enam bulan sejak infeksi terjadi.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19, Gejala long Covid rata-rata berlangsung selama enam bulan sejak infeksi terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi dalam JAMA Network Open mengungkapkan bahwa hampir sepertiga pasien Covid-19 mengalami gejala berkepanjangan yang dikenal sebagai long Covid meski sudah dinyatakan sembuh. Gejala long Covid rata-rata berlangsung selama enam bulan sejak infeksi terjadi.

Gejala yang muncul selama long Covid bisa sangat mengganggu dan memberikan perasaan tidak nyaman. Seperti dilansir MedPage Today, beberapa gejala long Covid adalah kelelahan, lemah otot, kesulitan napas, hingga masalah kognitif dan kesulitan berkonsentrasi.

Baca Juga

Merasakan gejala-gejala seperti ini dalam waktu yang cukup lama tentu tidak menyenangkan. Akan tetapi, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan agar seseorang dengan long Covid tetap dapat menjalani hidup dengan baik. Berikut ini adalah 10 kiat tersebut, seperti dilansir The Guardian.

Makan dengan Baik

 

Jangan membatasi diri dengan diet restriktif saat mengalami long Covid. Pastikan makanan yang dikonsumsi bergizi dan beragam sehingga dapat menunjang kesehatan. Konsumsi suplemen sebagai tambahan bila diperlukan untuk menghindari defisiensi zat gizi tertentu.

Rayakan Kemenangan Kecil

Coba buat tiga tujuan kecil yang ingin dicapai dalam satu hari. Tujuan-tujuan kecil ini bisa berupa hal yang sederhana seperti beranjak dari tempat tidur dan merawat diri dengan keramas, atau hal-hal sederhana lainnya. Setelah tujuan kecil ini berhasil dicapai, beri penghargaan kepada diri sediri atas pencapaian tersebut.

Terkoneksi

Dukungan dari keluarga dan teman sangat membantu. Namun, tak ada salahnya mencoba terhubung dengan orang lain yang mengalami hal serupa melalui komunitas di media sosial atau siaran podcast. Koneksi ini dapat membantu pasien long Covid untuk terhubung dengan orang-orang yang bisa benar-benar mengerti situasi sulit akibat long Covid.

Turun dan Naik

Pasien long Covid mungkin akan mengalami kondisi yang berfluktuasi. Jangan merasa putus asa ketika kondisi sedang memburuk dan yakini bahwa setelah itu kondisi tubuh bisa kembali menjadi lebih baik.

Sesuiakan Kemampuan

Olahraga memang dapat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun ketika sedang mengalami long Covid, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan kegiatan olahraga yang berat. Dengarkan tubuh sendiri dan berikan tubuh waktu istirahat ketika tubuh membutuhkannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement