Senin 12 Apr 2021 17:00 WIB

14 Efek Samping Vaksin Covid-19

Beberapa efek merupakan tanda vaksin telah memicu tubuh membangun perlindungan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.
Foto:

12. Mimpi yang aneh

Media sosial dipenuhi dengan postingan dari orang-orang yang mengaku pernah mengalami mimpi aneh setelah mendapatkan suntikan. Tetapi kemungkinan efek samping ini tidak dilaporkan dalam uji klinis.  

13. Bell's palsy

Bell's palsy disebabkan oleh kerusakan saraf wajah, dan menyebabkan kelemahan sementara atau kelumpuhan otot wajah. Ini bisa terjadi akibat trauma, tetapi lebih sering terjadi karena infeksi virus pada saraf itu sendiri.

Reaksi ini dilaporkan pada empat orang dalam uji coba Pfizer dan tiga orang dalam uji coba Moderna. Ini sebenarnya lebih kecil daripada insiden pada populasi umum. Oleh karena itu, para ahli belum bisa mengatakan bahwa kelumpuhan wajah terkait dengan vaksin.

14. Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi yang berpotensi mengancam jiwa yang merupakan efek samping vaksin Covid-19 yang sangat langka. Hanya ada 4,7 kasus yang diketahui per satu juta dosis vaksin Pfizer dan 2,5 kasus per juta dosis Moderna.

Reaksi berbahaya biasanya terjadi dalam 30 menit setelah vaksinasi. Gejala anafilaksis termasuk kesulitan bernapas, gatal-gatal atau bengkak, tenggorokan sesak, pusing, dan pingsan.

Siapa pun yang mengalami gejala ini memerlukan perawatan medis darurat dan atau pemberian EpiPen. Seseorang yang mengalami anafilaksis setelah suntikan pertama tidak boleh mendapatkan dosis kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement