Senin 12 Apr 2021 17:00 WIB

14 Efek Samping Vaksin Covid-19

Beberapa efek merupakan tanda vaksin telah memicu tubuh membangun perlindungan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.
Foto:

4. Sakit kepala

Setelah dosis pertama atau kedua dari vaksin Pfizer atau Moderna, 30 persen penerima mengalami sakit kepala, angka yang menurut Dr. Mullane relatif umum.  Sementara itu 39 persen orang yang menerima vaksin Johnson & Johnson berakhir dengan sakit kepala.

Jika efek samping ini menyerang Anda, Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen, atau mencoba obat penghilang rasa sakit OTC dengan acetaminophen untuk meredakannya.

5. Kelelahan

Kelelahan dapat terjadi setelah mendapat dosis vaksin Pfizer atau Moderna. Namun dalam uji klinis, vaksin kedua cenderung membuat lebih banyak orang kecapekan. Mendengarkan tubuh Anda untuk bersantai dan beristirahat adalah tindakan terbaik.

6. Demam atau kedinginan

Sekali lagi, efek samping ini adalah akibat dari pengaktifan sistem kekebalan Anda, dan meskipun dapat membuat Anda merasa tidak enak, itu normal.  

Lakukan apa yang biasanya Anda lakukan jika Anda merasa demam dan menggigil, seperti minum banyak cairan dan membuat diri Anda lebih nyaman dengan berpakaian ringan, adalah tindakan terbaik. Anda juga dapat berbicara dengan dokter Anda tentang penggunaan obat pereda demam.

7. Mual

Sekitar 20 persen orang dalam uji klinis untuk vaksin Moderna melaporkan mual setelah menerima dosis kedua, dua kali lipat tingkat setelah dosis nomor satu. Dan 14 persen penerima vaksin Johnson & Johnson juga melaporkan mual.

Rasa ingin muntah itu tidak akan bertahan lama. Untuk meredakannya, pertimbangkan untuk beristirahat, makan makanan ringan atau hambar jika Anda lapar, dan bicarakan dengan dokter Anda tentang obat antimual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement