Senin 12 Apr 2021 17:00 WIB

14 Efek Samping Vaksin Covid-19

Beberapa efek merupakan tanda vaksin telah memicu tubuh membangun perlindungan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Beberapa efek samping seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil, merupakan tanda bahwa vaksin telah memicu tubuh Anda untuk membangun perlindungan terhadap Covid-19.
Foto:

8. Nyeri otot

Covid-19 sendiri dapat membuat orang sakit otot, begitu juga dengan vaksin Covid-19. Ini adalah aspek lain dari respons kekebalan tubuh, dan beberapa orang akan merasakan sakitnya ringan, sementara yang lain bisa lebih mengganggu.

9. Pembengkakan wajah

Ini tampaknya reaksi yang sangat jarang. Tiga orang selama uji coba vaksin Moderna mengalami pembengkakan wajah atau bibir sementara. Ketiganya memiliki satu kesamaan, mereka mendapatkan filler wajah atau suntikan bibir dua minggu hingga enam bulan sebelum menerima vaksin.

Pembengkakan wajah pasca-vaksin mungkin disebabkan oleh interaksi antara respons kekebalan tubuh dan filler wajah tersebut. Mengonsumsi antihistamin dapat mengurangi pembengkakan, yang seperti efek samping lainnya bersifat sementara.

10. Pusing

Menurut CDC, di antara orang yang melaporkan efek samping, sekitar 17 persen mengindikasikan bahwa mereka merasa pusing setelah suntikan Covid-19 mereka. Pusing adalah efek samping ketiga paling umum yang dialami orang-orang setelah mendapatkan vaksin Moderna atau Pfizer selama bulan pertama vaksin tersedia.

11. 'Vax fog'

Ada istilah yang beredar disebut "vax fog" yang mengacu pada kabut otak setelah vaksin Covid-19. Belum ada data resmi tentang efek samping ini, tetapi ahli menduga itu mungkin terkait dengan nyeri jenis sakit kepala, efek samping yang lebih umum dan diketahui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement