Kamis 25 Mar 2021 06:35 WIB

Orang-Orang yang 'Tidak Boleh' Minum Kopi

Kopi bisa membawa efek samping negatif bagi sebagian orang.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Kopi bisa membawa efek samping negatif bagi sebagian orang.
Foto:

5. Ibu hamil

"American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan wanita hamil membatasi kafein hingga 200 miligram (tentang apa yang ditemukan dalam 2 cangkir kopi) setiap hari untuk meminimalkan risiko keguguran, persalinan prematur, dan berat lahir rendah," kata Heikkinen. 

Namun, tinjauan tahun 2020 yang diterbitkan dalam British Journal of Medicine menyimpulkan tidak ada tingkat asupan kafein yang aman selama kehamilan. Wanita hamil harus mendiskusikan asupan kafein mereka dengan dokter mereka.

6. Ibu menyusui

"Karena kafein adalah stimulan dan diuretik, kekhawatirannya adalah ibu menyusui berisiko mengalami dehidrasi," kata Planells.

The American Pregnancy Association menyarankan untuk menghindari kafein sebanyak mungkin selama kehamilan dan menyusui.

7. Orang dengan permasalahan tidur

Dapat dimengerti untuk meraih secangkir kopi (atau lebih) setelah tidur malam yang buruk, namun kebiasaan minum kopi Anda dapat melanggengkan siklus kurang tidur dan kelelahan, "kata Heikkinen.

Hindari Kafein setidaknya enam jam sebelum tidur, seperti yang direkomendasikan oleh Sleep Foundation.

8. Orang dengan level kecemasan tinggi dan mudah terkena serangan panik

"Kafein adalah stimulan, yang dapat memperburuk kecemasan pada beberapa individu. Jika Anda secara teratur mengalami kecemasan atau serangan panik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghindari atau mengurangi asupan kopi berkafein Anda," kata McGrane.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement