Selasa 16 Jan 2024 04:00 WIB

Jangan Kepagian, Ini Waktu Terbaik untuk Menyeruput Kopi

Biasanya, orang minum kopi di pagi hari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi hitam (ilustrasi). Bukan di pagi hari, dokter ungkap ada saat yang lebih tepat untuk menyeruput kopi.
Foto: Boldsky
Kopi hitam (ilustrasi). Bukan di pagi hari, dokter ungkap ada saat yang lebih tepat untuk menyeruput kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kopi telah menjadi minuman favorit di banyak negara. Meskipun kopi sering diandalkan untuk memberikan rasa waspada di pagi hari, seorang ahli kini memperingatkan bahwa meminum kopi di pagi hari mungkin bukan pilihan terbaik.

Seorang dokter umum merangkap dokter gawat darurat dari National Health Service di Inggris, Suraj Kukadia, yang lebih dikenal sebagai dr Sooj, membagikan peringatannya di platform berbagi video TikTok kepada lebih dari 59 ribu pengikutnya. Menurut dia, minum kopi di pagi hari dapat mengganggu sistem alami tubuh yang dirancang untuk bangun di pagi hari.

Baca Juga

Pada dasarnya, tubuh menghasilkan lonjakan hormon kortisol secara alami di pagi hari. Hormon kortisol diproduksi untuk membangunkan seseorang dan mempersiapkannya untuk hari itu.

"Di pagi hari, Anda mendapatkan lonjakan kortisol alami yang merupakan cara tubuh membangunkan Anda dan menyiapkan Anda untuk hari itu,” kata dr Sooj, dilansir Express, Senin (15/1/2024).

 

Dokter Sooj menyarankan agar kita menunggu sampai tingkat kortisol turun sebelum meminum kopi, yang biasanya terjadi di pertengahan pagi, yakni sekitar pukul 09.39-11.30. Kortisol adalah hormon steroid yang memainkan peran penting dalam mengatur respons tubuh terhadap stres, mengontrol metabolisme, menekan peradangan, mengatur tekanan darah, gula darah, dan siklus tidur-bangun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement