Ahad 12 Nov 2023 11:35 WIB

Badan Malah Terasa Lelah Setelah Minum Kopi? Ini Mungkin Penyebabnya

Minum kopi biasanya dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak mengantuk.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi hitam (ilustrasi). Bagi sebagian orang, minum kopi justru bisa membuat tubuh terasa lelah.
Foto: Boldsky
Kopi hitam (ilustrasi). Bagi sebagian orang, minum kopi justru bisa membuat tubuh terasa lelah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang meminum kopi dengan harapan bisa merasa lebih segar dan tak mengantuk. Namun, bagi sebagian orang, minum kopi justru bisa membuat tubuh terasa lelah.

"Minum kopi bisa memunculkan rasa lelah lewat tiga cara," kata pakar ilmu tidur, Dr Carol Ash, seperti dilansir Express pada Ahad (12/11/23).

Baca Juga

Pertama, Dr Ash menjelaskan, kafein dari kopi dapat mengikat adenosin di otak. Adenosin merupakan neurokimia di dalam otak yang menyebabkan lelah.

Selain itu, Dr Ash mengatakan, adenosin bertanggung jawab dalam menciptakan dorongan untuk tidur. Adenosin juga mengontrol terciptanya tahapan tidur nyenyak yang restoratif.

Ketika kafein berikatan dengan adenosin, rasa awas dan segar akan muncul. Pada saat yang sama, produksi dan penumpukan adenosin terus terjadi. Sehingga saat kafein di dalam tubuh sudah habis, penumpukan adenosin akan memunculkan rasa lelah dan kantuk.

Kedua, kebiasaan minum kopi juga bisa memunculkan rasa lelah bila kopi dikonsumsi secara berlebihan. Menurut Dr Ash, kopi sebaiknya hanya diminum sebanyak satu atau dua cangkir per hari.

Konsumsi kopi yang berlebihan bisa membuat toleransi tubuh terhadap kafein jadi meningkat. Akibatnya, jumlah kafein yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa merasa segar akan terus bertambah besar.

"Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein dalam sehari," kata Dr Ash.

Ketiga, minum kopi bisa memunculkan rasa lelah bila dikonsumsi di waktu yang tidak tepat. Seperti diketahui, kafein di dalam tubuh bisa bertahan hingga enam jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement