Rabu 21 Feb 2024 06:45 WIB

Manfaat Minum Kopi yang Jarang Disadari: Turunkan Berat Badan Hingga Maksimalkan Olahraga

Minum kopi pada waktu tertentu bisa membantu menurunkan berat badan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kopi (ilustrasi). Minum kopi pada waktu tertentu bisa membantu menurunkan berat badan.
Foto: www.freepik.com
Kopi (ilustrasi). Minum kopi pada waktu tertentu bisa membantu menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati secangkir kopi setiap hari tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati, tetapi juga membantu membakar kalori yang tidak diinginkan. Pakar mengatakan, minum kopi pada waktu tertentu bisa membantu menurunkan berat badan.

Praktisi kesehatan Inggris, Michael Mosley, menjelaskan bahwa minum kopi pada pagi hari dapat membantu seseorang mendapatkan lebih banyak manfaat dari olahraga dengan mengubah cara tubuh memecah lemak. Dia menyampaikannya dalam salah satu episode podcast "Just One Thing".

Baca Juga

Dikutip dari laman Chronicle Live, Selasa (20/2/2024), Mosley yang terkenal dengan gagasan diet "Fast 800" menyampaikan sebuah studi yang dilakukan pakar dari Universitas Nottingham. Minum kopi disebut merangsang lemak cokelat, yang bisa membakar kalori untuk menghasilkan panas tubuh.

Mosley juga mengutip hasil penelitian lain, bahwa minum hingga tiga cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan usia panjang otak dan jantung yang lebih sehat. Konsumsi sejumlah itu membuat risiko terkena strok, demensia, dan penyakit jantung jadi lebih rendah.

 

Menurut Mosley, tidak perlu kopi premium untuk mendapat efek itu, karena kopi instan juga bisa memberi dampak serupa. Namun, berhati-hatilah untuk meminumnya secara berlebihan karena kopi dapat meningkatkan tekanan darah dan mengacaukan siklus tidur.  

Dia memperingatkan bahwa minum lima hingga enam cangkir kopi dalam sehari sudah masuk kategori berlebihan, serta berpotensi membuat tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu, perempuan hamil juga disarankan minum kopi lebih sedikit.

"Untuk alasan ini, masuk akal untuk mengurangi berapa banyak kopi yang Anda minum. Tiga hingga empat cangkir kopi per hari mungkin merupakan titik terbaik untuk mendapatkan efek paling menguntungkan bagi kesehatan," ujar Mosley.

Pakar fisiologi metabolik dari University of Bath, Profesor James Betts, mengatakan bahwa minum kopi satu jam sebelum berolahraga dapat memberikan manfaat yang maksimal. Karena kafein diserap oleh hampir setiap jaringan tubuh, itu akan mencegah kelelahan otot selama latihan fisik. 

Betts menyarankan tidak minum kopi yang terlalu kental pada pagi hari, karena dapat membuat pengendalian gula darah menjadi lebih sulit. Dia juga menganjurkan untuk minum kopi segera setelah bangun tidur. "Tunggu sampai Anda menyantap sarapan Anda, minumlah kopi setelah sarapan," ujar Betts.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement