Rabu 24 Feb 2021 11:02 WIB

7 Tip Hilangkan Stres Akibat Pandemi Covid-19

Kenali stres, tidur cukup dan berolahraga jadi cara termudah menghilangkan stres

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warga melakukan gerakan yoga di Pulau Wangi, Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (6/12/2020). Olahraga yoga yang memiliki banyak manfaat seperti mengolah pernafasan, menurunkan berat badan hingga menurunkan stres itu, pada masa pandemi COVID-19 ini banyak diminati masyarakat karena dipercaya dapat meningkatkan imunitas.
Foto:

Meditasi

Kita harus mencoba bermeditasi atau sekadar menarik napas dalam untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Mulailah dengan meditasi dua menit atau pernapasan dalam. Jika ingin tahu lebih banyak, lihat video atau artikel panduan atau juga bisa mengunduh beberapa aplikasi untuk membantu. Kita juga akan menemukan bahwa jika mengikuti sebuah rutinitas, itu akan mulai sangat membantu. 

Meditasi itu sederhana dan cepat, dan dapat dilakukan setelah bangun tidur atau sebelum tidur. Beberapa penelitian menemukan bahwa meditasi meningkatkan kualitas tidur, suasana hati, dan energi. 

Tidur yang cukup

Tidur malam yang nyenyak adalah kunci kesehatan dan mental. Sedangkan tidur kurang dari delapan jam dapat memicu stres mental.

Bagaimana cara tidur lebih nyenyak?  Sekali lagi, berolahraga dan pastikan kita cukup tidur. Belajarlah mengembangkan rutinitas untuk waktu tidur dan cobalah tidur pada waktu yang sama setiap hari dan usahakan untuk tidur minimal delapan jam per hari.

Kita juga harus menghindari kafein atau terlalu banyak alkohol di malam hari. Jauhkan ponsel atau tablet sebelum waktu tidur karena cahaya biru yang dipancarkan perangkat ini dapat mengganggu tidur. Latih pernapasan dalam untuk merilekskan tubuh sebelum tidur.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement