Senin 15 Feb 2021 07:31 WIB

10 Kebiasaan Ini Perlu Ditinggalkan Bila Ingin Hidup Sehat

Ada kebiasaan yang tampak sepele namun memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ada kebiasaan yang tampak sepele namun memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan.
Foto:

Makan di Meja Kerja

Sebagian orang memilih untuk makan siang di meja kerja karena praktis dan tidak menyita waktu. Dengan cara ini, seseorang juga bisa makan siang sambil melakukan aktivitas lain.

Tetapi, studi dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa seseorang akan merasa lebih kenyang dan dapat menekan keinginan makan berlebih bila menghindari kebiasaan tersebut. RASA kenyang ini bisa bertahan 30 menit lebih lama setelah makan.

Menggoreng Semua dengan Minyak Zaitun

Memang minyak zaitun kaya akan antioksidan yang baik untuk jantung dan juga lemak tak jenuh tunggal. Akan tetapi, minyak zaitun memiliki titik asap yang rendah dibandingkan minyak lain.

Ketika minyak zaitun sudah mencapai titik asap, senyawa-senyawa bermanfaat dalam minyak akan menurun. Selain itu, senyawa yang berpotensi kurang baik juga terbentuk.

Oleh karena itu, minyak zaitun kurang cocok digunakan untuk menggoreng masakan dengan suhu tinggi. Akan tetapi, minyak zaitun dapat menjadi pilihan yang cocok digunakan dressing atau hanya untuk menumis sayuran dengan suhu sedang.

Melewatkan Makanan Pencuci Mulut

Menjauhi makanan manis hanya akan membuat makanan manis semakin menggoda. Tak ada salahnya untuk sesekali menyantap makanan manis ketika sedang benar-benar ingin. Pastikan porsi makanan manis yang dikonsumsi tetap terjaga dan tidak berlebih.

Tidak Mengganti dan Mensanitasi Spons Dapur

Spons untuk cuci piring bisa ditinggali bakteri, jamur, hingga ragi 150 kali lebih besar dibandingkan holder sikat gigi. Studi yang dilakukan NSF International mengatakan sebagian besar kuman pada spons memang tidak akan menyebabkan sakit, namun sebagian lainnya bisa.

Karena itu, penting juga untuk rajin membersihkan spons cuci piring secara berkala. Salah satu cara mudah membersihkan spons adalah me-microwave spons basah setiap hari dan mengganti spons setiap dua minggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement