Selasa 19 Dec 2023 14:36 WIB

Tips Liburan Akhir Tahun Agar tak Hanya Bahagia Tapi Juga Sehat

Ada beberapa tips agar Anda bisa menikmati momen liburan yang bahagia dan juga sehat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Liburan akhir tahun (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar liburan menjadi momen bahagia dan sehat.
Foto: www.freepik.com
Liburan akhir tahun (ilustrasi). Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar liburan menjadi momen bahagia dan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim liburan akhir tahun menjadi momen menyenangkan yang dihabiskan di tengah orang-orang terkasih. Namun bersamaan dengan itu, momen liburan kerap dihantui oleh kebiasaan tidak sehat seperti pola makan yang tidak terkontrol dan kurangnya aktivitas fisik.

Sering kali, setelah liburan, kita merasa menyesal atas kebiasaan buruk tersebut dan mungkin mengawali awal tahun yang lesu dan penuh stres. Dengan sedikit persiapan dan perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari, kita bisa menjalani liburan dengan perasaan yang sehat dan penuh kebahagiaan.

Baca Juga

Pakar kesehatan dari Southwest General Medical Group membagikan tips yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memastikan musim liburan bahagia dan tetap sehat:

1. Tetap aktif

Bergerak secara teratur akan menjaga kesehatan sendi, mencegah penyakit, dan meningkatkan energi. Olahraga juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi stres.

Mulailah dengan aktivitas kecil dan tingkatkan intensitas secara bertahap. Temukan rekan atau kelompok latihan untuk mempertahankan motivasi. Tetap realistis dengan tujuan Anda dan apresiasi setiap pencapaian kecil. Beri waktu pada diri sendiri dan jangan putus asa jika tidak melihat hasil segera. Konsistensi dan kesabaran diperlukan untuk meningkatkan tingkat kebugaran.

2. Pola makan sehat

Selama musim liburan, kebiasaan makan cenderung tak terkendali. Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran terlebih dahulu, lalu nikmati camilan liburan secukupnya. Konsumsi makanan seimbang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sedangkan minum banyak air membantu mencegah dehidrasi.

3. Keamanan pangan

Selalu perhatikan kebersihan dan keamanan saat mempersiapkan makanan liburan. Pastikan untuk mengikuti panduan keamanan pangan dan pelajari tanda-tanda keracunan makanan agar dapat segera mendapatkan bantuan medis jika diperlukan.

4. Tidur yang cukup

Pastikan untuk tidur minimal tujuh jam setiap malam. Kurang tidur dapat membuat Anda lebih rentan terhadap stres dan penyakit.

5. Tingkatkan kebersihan pribadi

Pada musim liburan yang merupakan waktu berkumpul bersama, perhatikan kebersihan Anda. Cuci tangan secara teratur, hindari keluar rumah jika sakit, dan hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. Vaksinasi flu juga merupakan hal terbaik untuk tetap sehat.

6. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Saat liburan, luangkan waktu untuk bersantai dan memulihkan energi. Lakukan hal yang membuat Anda bahagia, seperti mandi busa atau membaca buku favorit. Ini membantu melepas penat dan memberikan waktu untuk diri sendiri di tengah momen kebersamaan. Dengan sedikit perencanaan dan perhatian pada kesehatan pribadi, Anda bisa menjalani musim liburan dengan perasaan yang sehat dan bahagia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement