Senin 18 Dec 2023 18:04 WIB

Rekomendasi Wisata di Jakarta untuk Liburan Akhir Tahun dengan Harga Terjangkau

DKI Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang jadi langganan untuk liburan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Pengunjung memadati kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Ragunan menjadi salah satu kawasan wisata favorit selama masa libur sekolah dan akhir tahun 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung memadati kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Ragunan menjadi salah satu kawasan wisata favorit selama masa libur sekolah dan akhir tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa liburan anak sekolah telah tiba. Saatnya menghabiskan waktu bersama keluarga. Warga Jakarta tidak perlu memikirkan jauh untuk berwisata ke luar ibu kota, karena tempat-tempat wisata di Jakarta sudah dipugar rapi.

Berikut ini merupakan tempat-tempat wisata ikonik ibu kota dengan harga terjangkau yang selalu ramai saat musim liburan:

Baca Juga

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

photo
Taman Mini Indonesia Indah (TMII). - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Dengan wajah barunya, TMII menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi di wilayah Jakarta Timur. Cukup membayar tiket masuk Rp 25 ribu per orang, pengunjung sudah bisa mengunjungi rumah-rumah adat dan museum yang ada di TMII. Lokasi parkir motor dan mobil juga sudah ditata dengan rapi disediakan khusus.

Untuk berkeliling, bisa menggunakan wara wiri gratis atau menyewa motor listrik. Yang juga paling dinanti terbaru adalah atraksi air mancur di Danau Archipelago, tapi disarankan untuk bermain sampai malam hari karena biasanya atraksi tersebut ditunjukkan saat malam hari.

2. Taman Impian Jaya Ancol 

photo
Pengunjung berwisata di Pantai Lagoon, Taman Impian Jaya Ancol. - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Ancol menjadi salah satu tempat wisata yang paling ramai dikunjungi pada musim liburan. Untuk tiket masuknya seharga Rp 25 ribu per orang, pengunjung sudah bisa menikmati seluruh pantai yang ada di wilayah Jakarta Utara ini. Untuk menuju tiap pantai juga tersedia wara wiri gratis.

Selain menikmati pantai, ada juga tempat-tempat wisata lain yang bisa dikunjungi seperti Dufan, Gelanggang Samudera, Sea World, Gondola, dan beberapa lainnya dengan tiket tersendiri lagi. Pantai Carnaval juga sudah memiliki pasir putih yang membuat anak-anak betah bermain.

3. Taman Margasatwa Ragunan

photo
Sejumlah pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta. Prayogi/Republika - (Republika/Prayogi)

 

Untuk mengenalkan dunia fauna pada anak-anak, para orang tua bisa mengajak anaknya ke Taman Margasatwa Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan. Tiket masuknya hanya Rp 4.000 per orang untuk dewasa dan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak, pengunjung sudah bisa menikmati salah satu titik sejuk di Jakarta.

Taman Margasatwa Ragunan yang sekarang juga sudah tertata lebih rapi. Ada banyak spot foto yang estetik, serta taman dengan bangku-bangkunya untuk beristirahat sejenak. Jika lelah berjalan kaki, bisa menyewa sepeda seharga Rp 10 ribu atau naik kereta Rp 10 ribu per orang.

4. Monumen Nasional

photo
Warga mengunjungi Monumen Nasional (Monas), Jakarta. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Monumen Nasional atau Monas juga menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan. Meskipun masuk ke kawasan Monas tidak dikenakan biaya, untuk bisa masuk ke dalam monumennya dan naik ke atas, dikenakan tiket masuk Rp 15 ribu per orang untuk dewasa dan Rp 4.000 per orang untuk anak-anak.

5. Kota Tua

photo
Pengunjung bersepeda di kawasan Kota Tua, Jakarta. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Tidak hanya musim liburan, Kota Tua, Jakarta Utara, selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan. Apalagi kawasan tersebut sudah dipugar sehingga lebih banyak fasilitas untuk pejalan kaki. Memasuki kawasan Kota Tua tidak dikenakan biaya, namun untuk memasuki museum-museumnya harus membeli tiket masuk.

6. Taman Ismail Marzuki

photo
Pengunjung beraktivitas di area Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

 

Sempat kontroversi saat hendak dipugar, kini Taman Ismail Marzuki atau TIM, Jakarta Pusat, menjadi tempat yang nyaman untuk mahasiswa nongkrong dan beraktivitas para komunitas. Planetarium menjadi lokasi paling cocok dikunjungi anak-anak, dengan tiket masuk Rp 12 ribu per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak.

7. Taman-taman kota

photo
Warga berwisata di Tebet Eco Park, Jakarta. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Ingin berwisata tanpa keluar biaya tiket masuk apapun, maka beberapa taman kota di Jakarta bisa menjadi pilihan. Seperti salah satunya adalah Tebet Eco Park di Jakarta Selatan. Taman ini menyediakan taman bermain anak, hingga pasir untuk latih sensori. Ada pula Taman Literasi yang juga terletak di Jakarta Selatan.

8. Transportasi publik

photo
Warga berjalan di JPM Dukuh Atas. JPM Dukuh Atas mengintegrasikan moda transportasi LRT, MRT, KRL Jabodetabek dan Kereta Bandara. - (Republika/Putra M Akbar)

 

Tidak bisa dipungkiri transportasi publik yang ada di Jakarta sudah sangat nyaman dinikmati, seperti Transjakarta, MRT, hingga LRT. Bahkan Halte Transjakarta Bunderan HI kerap banyak dikunjungi, lantaran memiliki spot estetik. Liburan berkeliling kota dengan transportasi publik Jakarta juga bisa menjadi pilihan wisata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement