Rabu 10 Feb 2021 18:06 WIB

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan cikal bakal berbagai penyakit mematikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kolesterol tinggi merupakan cikal bakal berbagai penyakit mematikan.
Foto:

3. Ganti lemak jenuh dengan lemak sehat

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam produk hewani, dan itu dapat meningkatkan kolesterol Anda, baik HDL baik dan LDL jahat. Program Pendidikan Kolesterol Nasional dari Institut Kesehatan Nasional merekomendasikan orang dewasa yang sehat membatasi asupan lemak jenuhnya hingga kurang dari 7 persen dari total kalori harian.

American Heart Association telah merekomendasikan pengurangan lemak jenuh dalam makanan. Agar lebih sehat, gantilah lemak jenuh dengan sumber lemak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, minyak kanola, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat.

4. Tambah asupan serat larut

Serat larut secara langsung mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL) Anda. Kandungan serat larut bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti oatmeal, kacang-kacangan, barley, kubis, biji rami, apel, dan pir.

5. Rutin olahraga

Ini mungkin bukan cara termudah untuk meningkatkan profil kolesterol Anda, tapi efeknya sangatlah berhasil. Penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan latihan aerobik selama 30 menit yang meningkatkan detak jantung dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan hal-hal baik.

Dalam penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, olahraga meningkatkan angka HDL pada pria muda yang berolahraga dengan intensitas 90 persen dari detak jantung maksimal selama sesi latihan HIIT yang dilakukan tiga kali seminggu selama delapan pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement