Selasa 20 Feb 2024 04:04 WIB

Turunkan Kolesterol Secara Alami, Coba Santap Ini Saat Makan Pagi

Perubahan sederhana dalam pola makan dapat membantu mengendalikan kolesterol.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Oatmeal (Ilustrasi). Oatmeal termasuk menu makan pagi yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.
Foto: Wikimedia
Oatmeal (Ilustrasi). Oatmeal termasuk menu makan pagi yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi adalah masalah serius yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan strok. Namun, perubahan sederhana dalam pola makan dapat membantu mengendalikannya.

Seorang ahli dokter yang tenar di TikTok, Zain Hasan, membagikan informasi mengenai sarapan "fantastis" yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Melalui akun TikTok-nya, dr Hasan menjelaskan tiga makanan kunci yang direkomendasikan kepada pasien-pasiennya untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

Baca Juga

1. Oatmeal

Dokter Hasan merekomendasikan oatmeal sebagai sarapan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Oatmeal mengandung serat larut yang membantu mengikat asam empedu dalam tubuh, yang kemudian membantu menurunkan kolesterol secara alami. Dia menyarankan untuk memilih oatmeal yang bebas dari glifosat, herbisida yang umum digunakan dalam pertanian.

 

"Saya lebih suka mencampurkannya ke dalam protein shake, tetapi Anda bisa memakannya sesuka Anda. Oatmeal memiliki serat larut yang luar biasa," kata dr Hasan yang juga dokter anestesi trauma bersertifikat, dilansir Express, Senin (19/2/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement