Rabu 10 Feb 2021 05:23 WIB

4 Olahraga Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga.
Foto:

Jenis latihan kardio ini dapat diterapkan tanpa harus mendaftar ke gym. HIIT bisa dilakukan dengan berjalan, berlari, bersepeda dalam ruangan, mendayung, dan lainnya, asal bergerak dalam interval.

David menjelaskan, interval optimal tergantung pada pengalaman dan kemampuan tiap individu. Misalnya, mengawali dengan berjalan kaki atau lari dengan kecepatan sedang (75-85 persen dari upaya maksimal) selama kurang lebih satu menit.

Setelah itu, segera beralih ke kecepatan berjalan yang nyaman hingga pernapasan kembali normal selama satu menit lagi. Lanjutkan pola itu bergantian selama 30 menit, dan artinya Anda sudah melakoni HIIT yang sederhana.

Latihan beban

Menurut tinjauan studi 2019 yang terbit di jurnal Metabolism, ada hubungan kuat antara massa otot dan tingkat metabolisme istirahat. Metabolisme istirahat adalah jumlah kalori yang dibakar saat beristirahat.

Artinya, semakin banyak massa otot yang dimiliki, semakin mudah bagi seseorang untuk mengendalikan berat badan. Memilih latihan beban akan memicu pembentukan otot sehingga seseorang bisa makan dengan fleksibel tanpa menambah berat badan.

Yoga, pilates, dan peregangan

Yoga, pilates, dan peregangan memang tidak membakar kalori sebanyak latihan interval dan latihan beban. Selama sesi yoga yang merupakan bentuk latihan ketahanan, pengeluaran kalori pun tidak akan terlalu tinggi.

Akan tetapi, jenis olahraga ini membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih lentur. Davis menjelaskan, dua hal tersebut bermanfaat agar tubuh bisa melakoni sesi latihan kardio dan latihan beban dengan lebih intens.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement