Rabu 10 Feb 2021 05:23 WIB

4 Olahraga Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga.
Foto: www.freepik.com.
Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, COLUMBUS -- Jalan menuju pengendalian berat badan memang tidak instan. Dibutuhkan aksi nyata yang berkelanjutan. Produk alat olahraga atau suplemen kesehatan saja tidak akan berkontribusi pada penurunan berat badan tanpa program yang tepat.

"Penurunan berat badan sangat bergantung pada keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dan kalori yang dikeluarkan," kata Liz Davis, ahli fisiologi olahraga klinis di Columbus, Ohio, Amerika Serikat.

Baca Juga

Selain mempertahankan agar kalori masuk dan keluar tidak timpang, ada faktor lain yang berperan. Menurut Harvard Medical School, itu adalah riwayat genetik, gangguan hormonal, faktor lingkungan, obat-obatan, dan kesejahteraan psikologis.

Meskipun demikian, defisit kalori tetap menjadi yang utama dalam pengendalian berat badan. Salah satu cara membakar kalori adalah dengan berolahraga. Berikut empat jenis olahraga yang direkomendasikan oleh pakar.

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT)

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) pada dasarnya adalah latihan berbasis kardio yang bergantian antara semburan energi singkat tapi intens dengan beristirahat. Menurut Davis, secara ilmiah jenis olahraga ini tepat untuk menurunkan bobot.

Pasalnya, HIIT membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat. Studi yang terbit pada 2017 di European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa pembakaran kalori selama HIIT melampaui jenis olahraga lain yang durasinya lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement