Jumat 22 Jan 2021 22:00 WIB

Perlunya Mencegah Anemia di Tengah Pandemi

Anemia dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga meningkatkan risiko terinfeksi.

Penderita anemia.
Foto:

Hemoglobin dalam ilmu kesehatan adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh

Ia mengatakan pada remaja, kekurangan zat besi karena anemia dapat menurunkan konsentrasi belajar, dan membuatnya mudah kelahan dan mengantuk.

"Hal itu disebabkan oleh kebutuhan oksigen yang meningkat, tetapi tidak disertai dengan adanya persediaan oksigen yang cukup di Hb-nya, di sel darah merahnya, akibatnya tidak konsentrasi dan mudah mengantuk," kata Endang.

Selain konsentrasi turun, kurangnya zat besi dalam darah juga menyebabkan turunnya produktivitas karena asupan oksigen yang dibawa ke dalam otot juga berkurang.

Selanjutnya, di tengah pandemi Covid-19 yang penularannya terus meningkat, menjaga daya tahan tubuh adalah kunci utama untuk melawan penyakit yang ditularkan oleh virus SARS-CoV-2 tersebut.

Sayangnya, penyakit anemia juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sehingga jika anemia tidak segera diatasi, maka risiko terinfeksi Covid-19 akan menjadi lebih besar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement