Kamis 24 Dec 2020 06:05 WIB

11 Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Teh bisa menyehatkan bila memilih jenisnya yang tepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi teh
Foto:

Studi pendahuluan mengungkapkan bahwa teh merah khas Afrika Selatan rooibos dapat memberi efek yang sama pada sistem imun seperti teh hijau. Akan tetapi, rasa yang lebih kuat dari rooibos dapat membantu mengembalikan indera perasa yang menumpul akibat hidung tersumbat saat pilek. Penambahan madu dalam rooobos dapat memberi manfaat ekstra karena madu merupakan pereda batuk yang ampuh menurut peneliti Penn State.

Teh Hijau untuk Menenangkan Perut

Studi dalam Biological Chemistry menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi hati dari stres oksidatif yag disebabkan alkohol. Teh hijau juga dikenal memiliki cukup banyak manfaat lain bagi kesehatan.

Teh Pepermin untuk Olahraga Lebih Berenergi

Dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, atlet yang meminum air dicampur dengan minyak pepermin memiliki performa yang lebih baik dalam tes treadmill. Teori peneliti memperkirakan bahwa pepermin memilii efek pada otot polos arteri.

Teh Hijau untuk Menunjang Pemulihan Pascaolahraga

Peneliti Brazil mengungkapkan bahwa partisipan yang meminum tiga gelas teh hijau setiap hari selama seminggu memiliki marker kerusakan sel akibat olahraga ketahanan yang lebih sedikit. Artinya, teh hijau dapat membantu tubuh untuk pulih lebih cepat setelah berolahraga berat.

Teh Valerian untuk Mempermudah Tidur

Valerian telah lama dikenal sebagai "obat" penenang ringan. Studi pada perempuan dewasa menunjukkan bahwa peberian ekstrak valerian dapat membantu memperbaiki kualitas tidur secara signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement