Rabu 01 Jul 2020 14:45 WIB

Keluarga Besar Film Parasite Jadi Tamu Oscar 2021

'Parasite' yang disutradarai Bong Joon-ho menjadi film pemenang Oscar 2020.

Rep: Gumanti Awaliyah/Antara/ Red: Nora Azizah
Para pemeran serta kru dari sutradara Bong Joon-ho dalam film
Foto: EPA-EFE/David Swanson
Para pemeran serta kru dari sutradara Bong Joon-ho dalam film "Parasite" pemenang Oscar, diundang untuk bergabung ke dalam Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) (Foto: Sutradara Bong Joon-ho (kanan) berfoto bersama aktor film Parasite di ajang SAG Awards di Shrine Auditorium di Los Angeles, California, Amerika Serikat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemeran serta kru dari sutradara Bong Joon-ho dalam film "Parasite" pemenang Oscar, diundang untuk bergabung ke dalam Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) AS. Akademi tersebut mengumumkan dalam laman resmi bahwa mereka menyebarkan undangan kepada 819 seniman dan eksekutif yang telah berkontribusi untuk film.

Choi Woo-shik, Jang Hye-jin, Jo Yeo-jeong, Lee Jung-eun dan Park So-dam dari "Parasite" termasuk dalam aktor baru yang diundang akademi. Staf film "Parasite" seperti perancang kostum Choi Se-yeon, editor Yang Jin-mo, komposer Jung Jae-il, produser Kwak Sin-ae, production designer Lee Ha-jun, sound designer Choi Tae-young dan penulis Han Jin-won juga turut diundang.

Baca Juga

Sutradara Bong dan Song Kang-ho telah lebih dulu bergabung ke dalam akademi pada 2015, bersama dengan sutradara Korea Selatan lain Im Kwon-taek dan aktor Choi Min-sik.

Tak hanya para sineas dari film "Parasite". Pemain film berdarah asia, Awkwafina juga masuk dalam daftar tamu dari Oscar.

 

Melalui situs resminya, akademi mengumumkan 819 orang yang diajak bergabung karena kontribusi mereka dalam industri perfilman. Orang yang diajak bergabung mencakup beragam profesi dari semua sektor industri hiburan, mulai dari aktor hingga publisitas dan desain kostum.

Presiden AMPAS David Rubin mengatakan bahwa akademi dengan senang hati menyambut para insan berbakat di industri perfilman dari berbagai negara. Pada tahun 2020, Ampas memang berkomitmen untuk menggandakan jumlah keanggotaan perempuan dan minoritas.

Dilihat dari daftar undangan yang dirilis, sebanyak 45 persen merupakan perempuan dan 36 persen lainnya merupakan insan perfilman yang memiliki kulit berwarna. Akademi juga telah mengumumkan rencana yang mencakup penerapan standar inklusi untuk nominasi.

"Kami berharap dapat terus membina Akademi yang mencerminkan dunia di sekitar kita. Baik dalam keanggotaan, program, museum baru hingga penghargaan," kata CEO akademi Dawn Hudson dalam pernyataan tertulis, dilansir AP pada Rabu (1/7).

Penghargaan Oscar ke-93 dijadwalkan berlangsung pada 25 April 2021, dua bulan lebih lambat dari yang direncanakan sebelumnya imbas pandemi COVID-19 yang memukul industri hiburan dunia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement