Selasa 11 Feb 2020 01:00 WIB

Parasite Dominasi Oscar pada Malam Bersejarah

Film Parasite meraih empat penghargaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
 Sutradara Parasite Bong Joon-ho memegang piala Oscar. Parasite memenangkan empat kategori di ajang Oscar, Senin (10/2), di Dolby Theater, Los Angeles.
Foto: AP
Sutradara Parasite Bong Joon-ho memegang piala Oscar. Parasite memenangkan empat kategori di ajang Oscar, Senin (10/2), di Dolby Theater, Los Angeles.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tim pemeran dan kreatif untuk Parasite naik panggung Oscar 2020 pada Ahad (9/2) malam. Mereka bersama menerima penghargaan untuk gambar terbaik sebagai penutup malam besar untuk industri perfilman global. “Saya merasa momen yang sangat tepat dalam sejarah sedang terjadi sekarang,” kata produser Parasite Kwak Sin Ae dilansir di Edition.cnn.com Senin (10/2).

Film Parasite meraih empat penghargaan pada Ahad malam waktu setempat. Capaian Parasite itu menjadi kemenangan film terbaik sepanjang sejarah. Ajang penghargaan sejenis Oscar dan yang lain menunjukkan gebrakan dari film Korea Selatan yang mengisahkan kesenjangan dua keluarga itu, ternyata terlalu kuat untuk pesaing Oscar, termasuk beberapa pembuat film Hollywood berpengalaman.

Baca Juga

Parasite adalah film non-Inggris pertama dan film Korea Selatan pertama yang memenangkan gambar terbaik di Academy Awards. Hanya 11 film berbahasa non-Inggris yang pernah dinominasikan dalam kategori ini. Parasite juga memenangkan penghargaan dalam kategori sutradara terbaik, film fitur internasional terbaik, dan skenario asli terbaik.

Menuju Ahad malam, 1917 dan Once Upon a Time ... in Hollywood dianggap unggul dalam ajang itu. Pertanyaan yang ada di benak banyak orang di Hollywood adalah apakah Academy Awards akan memberikan suaranya terhadap film-film yang pernah dikenal masa lalu itu? Atau menghormati pembuat film dan berperan netral dengan film arus utama.

Dengan kemenangan untuk Parasite Academy Awards membuat pilihan menghormati film tidak seperti penyelenggaraan 91st Academy Awards tahun lalu. Parasite dianggap kemenangan bagi sebuah komunitas yang masih berjuang untuk dilihat.

Sosiolog dan penulis Reel Inequality: Hollywood Actors and Racism Nancy Wang Yuen mengatakan Parasite yang mendapatkan penghargaan gambar terbaik dapat membuka peluang bagi aktor Asia-Amerika untuk diakui di film tersebut. “Saya pikir fakta bahwa orang Amerika-Asia mendukung Parasite adalah karena kita masih tidak melihat diri kita dalam peran dramatis yang utama,” kata dia.

Dia mengatakan semakin banyak orang Asia berhasil di panggung internasional, maka akan membuka lebih banyak peluang orang Asia-Amerika merasa seperti di Hollywood. Di media sosial, kemenangan parasite mendapat pujian dari berbagai kalangan. “Selamat @ParasiteMovie. Sangat bangga menjadi orang Korea,” tulis Sandra Oh.

“Permainan telah berubah. Aku menangis. Ini bersejarah,” tulis aktor Lewis Tan. “Lihatlah semua orang Korea di atas panggung di #Oscars. Sangat bangga, hati saya meledak,” tulis aktor Paul Sun-Hyung Lee dari Kim’s Convenience. n Umi Nur Fadhilah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement