Sabtu 21 Dec 2019 16:16 WIB

Cara Mudah Mencegah Diabetes Untuk Kaum Milenial

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di masyarakat.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Sumber: restorative-health.com
Sumber: restorative-health.com

CEKNRICEK.COM -- Diabetes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi di masyarakat. Tak hanya karena faktor keturunan, diabetes juga bisa disebabkan dari gaya hidup yang buruk, seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat. 

Salah satu cara untuk mencegah diabetes adalah banyak bergerak. Hindari terlalu lama diam menonton televisi, gawai, ataupun bermain komputer yang menyebabkan berat badan berlebih dan juga meningkatkan risiko terkena diabetes. 

Sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk bergerak atau berolahraga. Hal ini dikarenakan jika Anda sering menggunakan otot untuk bergerak dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap insulin dan glukosa. 

Belum lagi beragamnya minuman dan makanan manis yang tren membuat Anda jadi lebih sering mengonsumsinya. Lantas bagaimana cara lain mencegah diabetes yang mudah dan tepat bisa Anda lakukan? Berikut rangkumannya. 

Konsumsi Sayur dan Buah

Cara pertama ubah pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan berbagai macam sayur dan buah-buahan. Cara ini bisa menjadi cara mencegah diabetes. Adapun berbagai makanan yang harus dihindari tentunya yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan gula yang banyak.

Kualitas Tidur yang Baik

Tahukah Anda, memiliki kualitas tidur yang buruk bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Oleh karena itu, kurangi begadang malam dan pastikan kebutuhan istirahat atau tidur Anda dapat tercukupi dengan baik. Hal ini juga sangat penting sebagai cara mencegah diabetes yang bisa Anda lakukan. 

Baca Juga: Konsumsi Gula Berlebih Dapat Mempengaruhi Kecantikan Kulit

Hindari Stres

Menghindari stres dengan menciptakan pikiran yang positif bisa menjadi cara mencegah diabetes selanjutnya. Stres ternyata bisa memicu pelepasan beberapa hormon yang meningkatkan gula darah. Oleh karena itu, perbanyakan aktivitas fisik dan dapatkan berbagai macam dukungan sosial dari teman, sahabat, keluarga, dan sebagainya, karena hal tersebut juga bisa membantu menghilangkan stres. 

Kurangi Merokok dan Alkohol

Cara mencegah diabetes berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi rokok dan minum minuman beralkohol. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nikotin dari rokok yang mampu merusak sel pankreas yang memproduksi insulin dan meningkatkan risiko diabetes. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement