Jumat 22 Nov 2019 10:10 WIB

Aktris Klaim Ditolak Kurang Asia untuk Crazy Rich Asians

Sutradara Crazy Rich Asians membantah audisi aktris ditolak karena kurang Asia.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Sutradara Crazy Rich Asians Jon M. Chu
Foto: EPA
Sutradara Crazy Rich Asians Jon M. Chu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Crazy Rich Asians Jon M. Chu menanggapi klaim seorang aktris bahwa ia dilewati untuk mengikuti audisi karena ia dianggap kurang berwajah Asia. Aktris tersebut adalah Brenda Song.

Dalam sebuah wawancara dengan Teen Vogue, mantan bintang Disney Channel Brenda Song mengatakan dia telah menyatakan minatnya untuk mencoba peran dalam film itu. Film tersebut merupakan film Hollywood pertama dalam lebih dari 25 tahun yang menampilkan pemeran utama Asia.

"Alasan mereka di balik itu, apa yang mereka katakan adalah bahwa wajah saya pada dasarnya tidak cukup Asia, mereka tidak banyak kata," katanya dilansir dari CNN, Jumat (22/11).

Brenda merasa amat kecewa dengan tindakan sutradara yang memvonisnya tak bisa mengambil peran tersebut. Padahal Brenda punya keturunan China dan Thailand.

"Hal itu menghancurkan hatiku," keluhnya.

Dia menambahkan karakter yang ia perankan sebenarnya adalah seorang Asia keturunan Amerika dan tinggal di sana. Sehingga menurutnya salah jika wajahnya dianggap kurang Asia.

photo
Aktris Brenda Song.

"Saya berkata, 'Karakter ini berusia akhir hingga pertengahan 20-an, seorang Asia Amerika, dan saya bahkan tidak bisa mengikuti audisi untuk itu?' Saya sudah mengikuti audisi untuk peran Kaukasia sepanjang karier saya," ucapnya.

Film Crazy Rich Asians bertema komedi romantis tentang seorang warga New York Asia-Amerika yang pergi ke Singapura untuk bertemu keluarga pacarnya yang kaya dan terikat tradisi keturunan China yang diadaptasi dari buku terlaris tahun 2013 dengan nama yang sama oleh Kevin Kwan.

Sutradara Jon M Chu membantah anggapan Song. "Salah satu memori favoritnya membuat Crazy Rich Asians adalah ketika membuka audisi pada siapapun di dunia dengan open call kami," katanya.

"Kami menonton ratusan dan ratusan video dari orang-orang bertalenta di seluruh dunia. Membuat kami menangis tiap waktu."

Chu merespons ucapan Song lewat cicitan Twitter. "Apa pernah kata-kata ini keluar dari mulut saya? Tidak mungkin, itu tidak masuk akal," cicitnya.

"Saya merasa tidak enak membuat dia merasa itu alasannya. Faktanya saya menyukai Brenda Song dan saya adalah seorang penggemar. Saya tidak butuh dia ikut audisi karena saya sudah tahu siapa dia," katanya.

Song disebut sebagai salah satu bintang Asia Amerika yang paling berbakat. Ia telah membintangi Dollface, Wendy Wu: Homecoming Warrior, dan membintangi serial The Suite Life of Zack & Cody.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement