Kamis 04 Apr 2019 15:47 WIB

Mengenal Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah kanker ketiga paling umum di AS.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Kanker usus besar. Model Pat Cleveland merupakan salah satu penderita kanker usus besar.
Foto: EPA
Kanker usus besar. Model Pat Cleveland merupakan salah satu penderita kanker usus besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Supermodel Pat Cleveland merupakan salah satu contoh sosok yang berjuang melawan kanker usus besar setelah didiagnosis pada Maret lalu. Diagnosis muncul setelah berbulan-bulan dia mengalami masalah pencernaan.

Model Amerika berusia 68 tahun itu kemudian menjalani operasi darurat setelah pemindaian menemukan tumor kanker yang menghalangi ususnya. Kanker usus besar sering dikelompokkan dengan kanker dubur. Itu adalah kanker ketiga yang paling umum didiagnosis pada pria dan wanita di Amerika Serikat, menurut American Cancer Society, dilansir laman Independent, Kamis (4/4).

Baca Juga

 

Pada 2019, diperkirakan ada 101.420 kasus baru kanker usus besar atau disebut juga kanker kolon. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang kanker usus besar, gejala dan pengobatannya.

Apa itu kanker usus besar?

Kanker usus besar adalah kanker sebagian usus besar (usus besar). Usus besar adalah sebuah tabung berotot sepanjang lima kaki yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan bertanggung jawab untuk menyerap air dan garam dari bahan makanan, dibagi menjadi empat bagian.

Ada usus besar yang menanjak, melintang, turun, dan usus sigmoid. Kanker usus besar seringkali dimulai pada lapisan dalam usus besar yang disebut polip. Namun, tidak semua polip menjadi kanker dan kemungkinan polip berubah menjadi kanker tergantung pada jenis polip itu.

Ada dua jenis utama polip, menurut American Cancer Society, Adenomatous polyps (adenoma), yang terkadang berubah menjadi kanker, dan polip hiperplastik dan inflamasi, yang lebih umum dan umumnya tidak menyebabkan kanker.

American Cancer Society menilai faktor-faktor lain yang meningkatkan risiko polip menjadi kanker termasuk jika polip lebih besar dari 1 cm, ada lebih dari dua polip yang ditemukan, atau jika displasia, kondisi pra-kanker, ditemukan di polip setelah dihapus.

Adenokarsinoma, sejenis tumor yang membentuk 96 persen kanker kolorektal, dimulai pada sel yang membuat lendir (mukosa) untuk melumasi bagian dalam usus besar atau rektum. Setelah mulai di lapisan paling dalam, kanker kemudian dapat tumbuh ke dinding usus besar.

Jika sel-sel kanker mencapai dinding, mereka dapat tumbuh menjadi pembuluh darah atau pembuluh getah bening -meningkatkan kemungkinan kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tahap-tahap kanker usus besar didiagnosis dengan seberapa dalam kanker telah menyebar ke dinding usus besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement