Rabu 16 Jan 2019 10:02 WIB

Motivasi Erix Soekamti Bangkitkan Lagi Album Fisik

Musik digital menjadikan musisi menghambakan jumlah penonton atau pendengar.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Erix Soekamti (paling kiri) bersama band NTRL.
Foto: Republika/Christiyaningsih
Erix Soekamti (paling kiri) bersama band NTRL.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital seperti sekarang ini, mendengarkan musik bisa dilakukan dengan mudah lewat ponsel. Banyaknya aplikasi musik digital dan platform berbagi video Youtube membuat musik lebih mudah diakses daripada di era keemasan kaset dan CD.

Akan tetapi di tengah masifnya musik digital, Erix Soekamti menempuh jalan yang tak biasa. Lewat PT Beli Album Fisik dan situs www.belialbumfisik.com yang dirintisnya, Erix gencar mempromosikan produksi album fisik di kalangan musisi. Ia pun menjelaskan mengapa sangat getol mempromosikan album fisik.

Menurutnya industri musik mengalami tiga kali kehancuran. Kehancuran pertama saat kaset digantikan oleh CD. Kehancuran kedua adalah ketika CD tergeser oleh musik unduhan dan kehancuran ketiga yakni ketika musik unduhan digantikan oleh musik streaming. "Tiga fase tersebut mengubah kebiasaan orang mendengarkan musik dan mengapresiasi idolanya," kata pembetot bas Endank Soekamti ini saat ditemui pada Selasa (15/1).

Menurutnya musik digital punya kelemahan yakni membuat musisi lebih mudah merilis lagu dan menjadikan jumlah penonton sebagai Tuhan. Musisi jadi tidak bernafsu membuat album yang konseptual seperti dulu lagi.

"Semoga dengan kehadiran albumfisik.com bisa menimbulkan kebiasaan baru, mendengarkan album yang collectible. Semoga menular ke semua musisi dan penggemar mengerti bahwa membeli album fisik itu keren," jelasnya.

Di samping itu, produksi album fisik sekaligus menghidupkan dunia desain, produksi cetak, production house, hingga produsen merchandise. Ini karena dalam setiap album fisik yang dirilisnya Erix membuatnya dalam bentuk bundling premium dan collectible. Jadi, pembeli tak hanya sekadar mendapatkan CD namun juga disertai dengan merchandise unik dan terbatas seperti kaos, speaker, film dokumenter musisi, dan sebagainya.

Kepercayaan diri belialbumfisik.com menguat setelah boxset Kolaborase (Endank Soekamti) sebanyak lima ribu unit ludes terjual. Kesuksesan berikutnya adalah album Jejak dari Rizky Febian yang terjual dua ribu unit dalam waktu sebulan.

Pada Selasa (15/1) kemarin Erix meluncurkan album fisik terbaru milik NTRL. Erix mengatakan kini pihaknya tengah menggarap album fisik milik Gugun Blues Shelter, Peewee Gaskin, Ahmad Dhani, dan Anji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement