Rabu 16 Jan 2019 09:47 WIB

Tiga Langkah Sederhana Kurangi Radang Usus

Radang usus memicu munculnya kanker dan penyakit berbahaya lain.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi minum air putih
Foto:
Kunyit.

Kurkumin adalah bahan aktif yang terdapat di dalam kunyit. Kunyit adalah salah satu sumber alami terbaik obat anti-radang khususnya untuk usus.

Kurkumin membantu saluran cerna dengan cara melemaskan otot-otot halus di dindinh usus dan membantunya dengan gerakan makanan melewati usus. Kurkumin juga membantu melepaskan gas di dalam perut sebagai tanda bahwa makanan telah dicerna.

Pada usus besar, kurkumin bisa membantu menyeimbangkan bakteridi pencernaan yang bagus untuk sistem imun dapat berfungsi optimal. Kurkumin juga bisa membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam usus.

Aktivitas anti-inflamasi dan antibakteri pada kurkumin bisa juga membantu mengurangi rasa nyeri di usus yang disebabkan oleh makanan pedas, alkohol atau bakteri patogen. Kandungan alami pada kurkumin membantu proses pencernaan secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat kurkumin, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen seperti yang dijual di toko-toko obat. Atau Anda juga bisa mencampurkan bubuk kunyit ke dalam makanan atau minuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement