Sabtu 06 Apr 2024 15:17 WIB

Ini Pertanyaan tentang Kesehatan Usus yang Paling Banyak Dicari di Internet

Menjaga kesehatan usus dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Warganet kerap mencari jawaban atas sejumlah hal terkait kesehatan dengan mengetikkan pertanyaan di mesin peramban internet.
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Warganet kerap mencari jawaban atas sejumlah hal terkait kesehatan dengan mengetikkan pertanyaan di mesin peramban internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet kerap mencari jawaban atas sejumlah hal terkait kesehatan dengan mengetikkan pertanyaan di mesin peramban internet. Salah satunya adalah tentang kesehatan usus, mengingat kondisi usus dan pencernaan sangat penting untuk dijaga.

Menjaga kesehatan usus juga dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh yang sehat. Berikut pertanyaan seputar usus yang sering dicari di Google, sekaligus jawabannya dari pakar, dikutip dari laman Red Online, Sabtu (6/4/2024). 

Baca Juga

1. Apakah kesehatan usus itu penting?

Pertanyaan ini sangat sering dicari di internet. Roberta Baldo dari Baldo and Mason Nutrition menjawab, hal ini sangat penting. Kesehatan usus yang baik akan membuat sistem kekebalan tubuh, otak, suasana hati, jantung, sistem kardiovaskular, dan pencernaan bekerja secara optimal. Karena itu, apa yang dikonsumsi sehari-hari juga perlu diperhatikan.

"Usus menampung sekitar 70 persen sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh, dan sel-sel ini memiliki hubungan dekat dengan bakteri sehat di usus. Bakteri usus menjalankan berbagai fungsi dan terlibat dalam produksi vitamin, protein, enzim, hormon, dan pembawa pesan kimia seperti serotonin yang membantu mengatur seluruh fungsi tubuh," kata Baldo.

2. Makanan apa saja yang baik untuk mendukung kesehatan usus?

Ini adalah pertanyaan kedua yang banyak dicari warganet. Jawabannya, mengonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang termasuk sayuran, polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan, serta makanan fermentasi paling baik untuk membantu mendukung kesehatan usus.

Apa tanda usus....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement