Sabtu 24 Feb 2024 10:05 WIB

Menu Makanan Sehat untuk Jaga Usus, Pakar Sarankan Ada Tiga Hal Ini

Ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan sistem kekebalan tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan bersama (ilustrasi). Pilih makanan yang baik untuk kesehatan usus.
Foto: Dok. Freepik
Makanan bersama (ilustrasi). Pilih makanan yang baik untuk kesehatan usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak anjuran untuk menyantap makanan yang bisa menyehatkan usus. Seorang pakar kesehatan membagikan tiga prinsip utama yang membuat seporsi makanan bisa disebut sebagai makanan yang baik untuk kesehatan usus.

Profesor epidemiologi genetik di King’s College London dan salah satu pendiri aplikasi kesehatan ZOE, Tim Spector, menyarankan agar makanan yang disantap memuat tiga hal. Jika ketiganya terpenuhi, itu akan sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

Baca Juga

Berikutnya, efek baik lain yang bisa didapat antara lain tubuh bisa melawan alergi, infeksi, kanker, dan penuaan, serta berkurangnya peradangan. Karena itu, Spector menyarankan lebih cermat terhadap apa yang dikonsumsi setiap hari dan tidak "asal makan".

"Saat masyarakat mulai melihat bahwa ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi, mikroba, dan sistem kekebalan tubuh, menurut saya akan mengubah cara berpikir tentang makanan. Ini bukan hanya bahan bakar. Ini benar-benar mengubah cara tubuh bekerja," ujat Spector, dikutip dari laman Huffington Post, Jumat (23/2/2024).

 

Jadi, apa saja yang sebaiknya ada dalam makanan? Spector mengatakan, makanan yang dikonsumsi harus kaya polifenol.

Itu adalah sejenis bahan kimia pertahanan pada tanaman yang memberi warna cerah dan rasa pahit. Polifenol bisa memberi makan bakteri baik di usus sekaligus membatasi pertumbuhan bakteri jahat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement