Jumat 07 Dec 2018 04:57 WIB

Begini Urutan Tepat Pakai Skincare di Wajah

Urutan pengaplikasian produk skincare di pagi dan malam hari tidak jauh berbeda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Bila kulit sudah cerah kembali, pemutih atau pencerah wajah bisa dihentikan pemakaiannya.
Foto: Lucas Jackson/Reuters
Gunakan pelembab secara teratur setelah wajah dibersihkan.

Krim Mata

Krim mata cenderung lebih ringan dibandingkan pelembap wajah. Oleh karena itu, pengaplikasian krim mata sebaiknya dilakukan sebelum pengaplikasian produk skincare lain dalam bentuk krim atau minyak.

Di pagi hari, gunakan krim mata yang dilengkapi dengan rollerball applicator. Bagian bola yang dingin dapat sedikit meringankan retensi cairan, apalagi bila rollerball applicator disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas. Krim mata yang digunakan di pagi hari juga sebaiknya mengandung kafein karena dapat mengecilkan kantung mata yang bengkak dalam 20 menit.

Pada malam hari, cukup banyak orang menggunakan krim mata yang mengandung semacam retinol. Krim mata seperti ini dianggap dapat membantu menyamarkan kerutan halus. Padahal, area mata meruapkan area yang rapuh dan berisiko untuk terjadinya iritasi.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan krim mata yang lembut di malam hari. Krim mata yang bisa digunakan adalah krim mata yang dapat menghidrasi kulit dan melindungi area kantung mata.

Produk Perawatan Noda

Produk perawatan noda atau bekas luka biasanya digunakan di malam hari, saat tubuh bekerja lebih keras untuk memperbaiki diri. Akan tetapi, perawatan noda juga bisa digunakan di pagi hari. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya hanya diaplikasikan tipis-tipis.

Jenis perawatan noda yang digunakan untuk noda hitam atau bekas jerawat sebaiknya mengandung hydroquinone atau niacinamide. Sedangkan perawatan noda untuk jerawat sebaiknya mengandung benzoyl peroxide yang bermanfaat membunuh bakteri penyebab jerawat dan asam salisilat yang berfungsi mengurangi sumbatan pada pori-pori.

Pelembap

Pelembap tak hanya bermanfaat untuk menghidrasi kulit tetapi juga menjaga semua produk skincare yang sudah diaplikasikan sebelumnya tetap berada di dalam kulit. Meski begitu, pelembap sebaiknya tidak diaplikasikan di atas produk perawatan noda tetapi di area sekitarnya agar perawatan noda tidak terhapus.

Pada pagi hari, sebaiknya gunakan pelembap berbasis hyaluronic. Ada baiknya menggunakan pelembap yang sudah dilengkapi dengan formula tabir surya dengan SPF minimal 30. Diamkan pelembap selama lima menit sebelum mengaplikasikan make-up.

Di malam hari, gunakan pelembap yang memiliki kandungan seperti hyaluronic acid, lemak, dan protein. Penggunaan pelembap yang mengandung retinol seperti krim malam anti penuaan juga bisa dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement