Jumat 07 Dec 2018 04:57 WIB

Begini Urutan Tepat Pakai Skincare di Wajah

Urutan pengaplikasian produk skincare di pagi dan malam hari tidak jauh berbeda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Bila kulit sudah cerah kembali, pemutih atau pencerah wajah bisa dihentikan pemakaiannya.
Foto: Prayogi/Republika
Bila kulit sudah cerah kembali, pemutih atau pencerah wajah bisa dihentikan pemakaiannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mana yang harus dipakai lebih dulu, serum atau toner? Ini mungkin hanya salah satu dari beragam pertanyaan yang muncul terkait penggunaan produk perawatan kulit atau skincare.

Padahal urutan pengaplikasian produk skincare dan kombinasi produk skincare merupakan hal penting yang perlu diketahui. Urutan dan kombinasi yang salah dapat membuat produk skincare menjadi tidak efektif atau bahkan menimbulkan efek samping merugikan seperti iritasi.

Secara umum, urutan pengaplikasian produk skincare di pagi dan malam hari tidak jauh berbeda. Seperti dilansir di Cosmopolitan, urutan pengaplikasian produk skincare yang tepat di pagi hari adalah pembersih wajah, toner, serum, krim mata, spot treatment atau perawatan noda, pelembap, minyak wajah, dan tabir surya. Sedangkan urutan pengaplikasian produk skincare di malam hari adalah pembersih wajah, toner, serum, krim mata, spot treatment, pelembap, retinol, dan minyak wajah.

Masing-masing langkah pada rangkaian skincare ini tentu memiliki manfaat dan kegunaannya sendiri. Berikut ini adalah manfaat dari masing-masing produk skincare bagi kulit.

Pembersih Wajah

Membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit merupakan satu langkah penting yang tak boleh dilewatkan. Permukaan kulit yang tidak bersih akan membuat beragam produk perawatan kulit tidak dapat terserap dengan baik.

"Anda memerlukan kulit yang bersih dan bebas minyak serta kotoran agar kandungan (produk perawatan kulit) terserap dengan baik," kata ahli dermatologi dari Yale University Mona Gohara MD.

Saat membersihkan muka, tak perlu menggunakan tisu pembersih makeup karena dapat mengiritasi kulit dan meninggalkan residu lengket yang memicu timbulnya jerawat. Opsi yang lebih baik untuk membersihkan wajah adalah cleansing oil yang dapat melarutkan make-up, bahkan make-up anti-air sekalipun, tanpa membuat kulit terkelupas. Setelah menggunakan minyak pembersih, gunakan losion pembersih wajah yang lembut untuk kulit.

Toner

Dulu, toner mungkin dikenal sebagai cairan berbasis alkohol yang dapat mengiritasi kulit. Akan tetapi, saat ini sudah banyak toner yang dibuat dengan bahan lembut yang dapat menghidrasi kulit kering. Ada pula toner yang dilengkapi dengan exfoliant kimia untuk merawat jerawat.

"Toner pada dasarnya hanyalah lapisan dasar pada wajah agar bahan-bahan (produk skincare) meresap lebih baik kemudian," ujar Gohara.

Pemilik kulit berjerawat sebaiknya menggunakan toner yang diformulasikan dengan beta hydroxy acid (BHA) atau alpha hydroxy acid (AHA). Kandungan ini bermanfaat dalam membebaskan pori-pori yang tersumbat, mencegah kemunculan jerawat yang banyak serta melarutkan komedo.

Sedangkan untuk jenis kulit lain yang tidak berjerawat, bisa menggunakan toner yang berfungsi menghidrasi kulit. Aplikasikan toner pada kulit kering setelah membersihkan wajah dengan pembersih setiap pagi dan malam.

Serum

Sebagian orang mungkin tidak begitu memahami manfaat serum dan cara penggunaannya. Serum pada dasarnya merupakan cairan dengan nutrisi, hidrator, atau antioksidan padat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit sesaat setelah diaplikasikan.

"Orang-orang seringkali melewatkan ini, padahal serum sebenarnya merupakan bagian yang paling meningkatkan manfaat skincare rutin," ujar Gohara.

Di pagi hari, serum yang digunakan sebaiknya serum dengan vitamin C. Serum dengan vitamin C dapat melindungi kulit dari inflamasi dan kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas selama beraktivitas di pagi hingga sore hari. Serum dengan vitamin C juga dapat meningkatkan kecerahan kulit dan menyamarkan noda hitam.

Sedangkan di malam hari, sebaiknya gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid. Serum dengan hyaluronic acid dapat menjaga kelembapan dan hidrasi kulit selama tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement