Kamis 29 Nov 2018 14:31 WIB

Ingin Coba Hal Baru dalam Karier, Lupakan 3 Pertanyaan Ini

Tak usah pedulikan cibiran orang lain adalah salah satu cara tepat ubah karier

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: ABC
Pekerja kantoran di ibu kota Australia, Canberra.

2. Apakah saya akan pandai dalam peran ini?

Masalah dengan mengkhawatirkan pertanyaan ini adalah jika Anda pandai dalam banyak hal, pertanyaan ini tidak menyelesaikan apa pun untuk Anda. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk khawatir jika Anda akan baik dalam peran tersebut akan membiarkan Anda melamar peran yang hanya cocok dengan keahlian dan bukan minat.

Dengan hanya mengambil keputusan sesuai keahlian dan menyampingkan minat akan membuat Anda tetap bermain dalam peran kecil. Anda pun akan menahan diri dari kesuksesan yang benar-benar diinginkan.

Sebaiknya pertimbangkan untuk menjawab pertanyaan "Apakah ini yang benar-benar ingin saya lakukan dan apakah saya memiliki keterampilan yang mereka cari dalam peran ini?".

Kalau memiliki keterampilan yang perusahaan butuhkan dan jika itu benar-benar apa yang ingin dilakukan, Anda akan melakukan apa yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam karir baru. 

3. Apa yang akan dipikirkan orang lain?

Siapa peduli? Itulah jawaban singkat mengapa tidak perlu khawatir tentang hal ini. Namun tetap saja, ini bisa menjadi perjuangan, terutama ketika telah berhasil dalam karir, telah menerima pujian dan orang-orang menganggap hidup Anda aman.

Mungkin sulit untuk menjelaskan kepada orang lain tentang keputusan yang berbeda. Terlebih lagi ketika orang-orang tersebut dekat dan tidak ingin dikecewakan atas keputusan yang akan diambil.

Tapi, setelah membuat perubahan karir dan melakukannya dengan baik, orang-orang yang tidak ingin Anda kecewa akan bangga akan hasil itu. Mereka pun tidak akan segan meminta nasihat untuk mencapai hal tersebut.

Ada begitu banyak hal lain untuk difokuskan ketika Anda ingin mendapatkan peran baru dalam industri baru. Jangan biarkan ketiga pertanyaan ini menjadi alasan yang membuat Anda lebih lama berhasil melakukan perubahan yang ingin dilakukan dalam karier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement