Kamis 29 Nov 2018 14:31 WIB

Ingin Coba Hal Baru dalam Karier, Lupakan 3 Pertanyaan Ini

Tak usah pedulikan cibiran orang lain adalah salah satu cara tepat ubah karier

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Pekerja kantoran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengembangkan karir harus dilakukan ketika ini terus maju. Namun, nyatanya dalam mencari posisi baru untuk mendukung keinginan tersebut sering berhadapan dengan banyak kekhawatiran. Ada begitu banyak bagian yang perlu dipertimbangkan setiap kali mencoba membuat perubahan karier. 

Pertanyaan-pertanyaan yang meragukan pun semakin menahan untuk melangkah ke depan. Apakah industri baru ini benar-benar akan menjadi sempurna? Bagaimana cara saya menunjukkan kepada mereka bahwa saya memiliki apa yang diperlukan meskipun saya berasal dari industri yang berbeda? Bagaimana cara membuat resume saya menonjol dari kompetisi? Siapa yang harus saya jejaring untuk membantu saya mengubah karier ini? Apa yang harus saya katakan kepada orang-orang ini? Pertanyaan-pertanyaan ini akan bertambah jumlahnya ketika memutuskan untuk mengembangkan karir. 

Dengan semua kekhawatiran yang ada, ada tiga pertanyaan yang seharusnya tidak perlu dipikirkan terlalu lama, berikut penjelasannya, dikutip dari Forbes, Kamis (29/11).

1. Apakah ini yang ingin saya lakukan dalam lima tahun?

Kebanyakan orang benar-benar tidak menyukai pertanyaan tersebut. Namun, pertanyaan itu justru sering muncul, dan jangan khawatir kalau belum tahu jawabannya.

Kalau Anda tahu yang akan dilakukan dalam lima tahun dari sekarang, maka bawa diri untuk lebih dekat ke tujuan itu. Kalau sebaliknya, lakukan apa yang ingin Anda lakukan sekarang dan percayalah semuanya akan berbaris sempurna. Selain itu, banyak hal berubah.

Pertimbangkan di mana posisi sekarang, yang ingin beralih ke industri baru. Lima tahun yang lalu, mungkin tidak akan membayangkan itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement