Selasa 06 Nov 2018 16:33 WIB

Begini Cara Orang Dulu Bangun Pagi Sebelum Ada Alarm

Alasan masyarakat modern memakai alarm adalah karena terbatasnya waktu tidur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tidur yang cukup (Ilustrasi)
Foto: pexels
Godaan untuk tidak mematikan alarm pembangun tidur memang besar, tapi demi kebaikan hindari itu.

Hingga Pada tahun 1600 dan 1700, manusia mulai mengenal jam lentera. Hingga kemudian tahun 1800an, orang-orang kaya di Inggris menggunakan petugas pemukul lonceng untuk memberi tahu jadwal. Semua mulai berubah ketika tahun 1930 dan 1940 mulai diperkenalkan jam alarm yang kita kenal hingga kini.

Akan tetapi apakah ketergantungan kita sehari-hari pada alarm sebenarnya hal yang baik? Jackson tidak begitu yakin. Kenyataan bahwa saat ini kita cenderung mengambil kesempatan pada akhir pekan untuk tidur adalah indikasi bahwa orang perlu membuat lebih banyak waktu untuk tidur selama sepekan dengan tidur lebih awal pada malam hari. "Sayangnya kita tidak mengambil kesempatan itu. Hal ini terlihat dari alasan kita bermalas-malasan di akhir pekan," katanya. 

Dalam hal ini, Handley berpikir sejarah mungkin menawarkan beberapa pelajaran. Selama awal sejarah modern, ada bukti bahwa orang-orang sangat mementingkan manfaat tidur bagi kesehatan. " Tidur nyenyak adalah bagian yang sangat penting dari praktik perawatan kesehatan rutin mereka," kata Handley.

Malam hari sangat diritualkan yaitu mengonsumsi minuman herba herba, menjejalkan bantal mereka dengan bunga-bunga beraroma yang menenangkan dan terlibat dalam kegiatan yang menenangkan seperti doa dan meditasi atau dalam hobi tanpa pikiran seperti sulaman tepat sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement