Selasa 06 Nov 2018 16:33 WIB

Begini Cara Orang Dulu Bangun Pagi Sebelum Ada Alarm

Alasan masyarakat modern memakai alarm adalah karena terbatasnya waktu tidur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tidur yang cukup (Ilustrasi)
Foto: SIESTA
Tidur siang meski sebentar sangat bermanfaat. Enam menit saja pun cukup membuat otak menyegarkan diri

Peneliti senior dalam tidur dan psikologi di Royal Melbourne Institute of Technology University di Australia menyatakan manusia memiliki dua proses biologis yang mendasari pola tidur dan bangun alami kita yaitu homeostasis dan ritme sirkadian. "Prinsip utama yang mendasari homeostasis - proses pensinyalan yang diatur oleh wilayah hipotalamus di otak adalah bahwa semakin lama kita terjaga, semakin tinggi dorongan kita untuk tidur atau kemungkinan tertidur," kata Jackson kepada Live Science

Kemudian, ketika kita tertidur, dorongan untuk tidur makin berkurang, yang memberi tanda kapan waktunya untuk bangun. Overlaying ini, ritme sirkadian - juga dikendalikan oleh sel-sel di hipotalamus - adalah proses paralel yang mengatur fase kantuk dan kewaspadaan selama sehari.

Proses ini juga dipengaruhi oleh cahaya dan gelap, yang berarti bahwa periode kewaspadaan dan kantuk biasanya sesuai dengan cahaya pagi dan kegelapan malam, masing-masing. Di era sebelum alarm, Jackson menyebut mungkin bahwa ini adalah bagaimana orang-orang bangun, ditandai dengan akumulasi jam tidur, dipasangkan dengan sinar matahari terbit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement