Selasa 06 Nov 2018 16:33 WIB

Begini Cara Orang Dulu Bangun Pagi Sebelum Ada Alarm

Alasan masyarakat modern memakai alarm adalah karena terbatasnya waktu tidur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tidur yang cukup (Ilustrasi)
Foto: Chron
Tidur yang cukup (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia selama beberapa ribu tahun mengandalkan berbagai penemuan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dari semua penemuan modern yang Anda andalkan dalam kehidupan sehari-hari, jam alarm mungkin yang paling dibenci. Alasannya suara-suara keras di pagi hari membuat Anda tak nyaman dan memaksa Anda kembali ke kenyataan. 

Namun bagaimanapun jam alarm yang mengganggu, mereka juga sangat penting dalam membawa kita keluar dari tempat tidur. Itu menimbulkan pertanyaan yang menarik Bagaimana orang-orang bangun sebelum jam alarm menjadi begitu umum?

Orang Yunani dan Mesir kuno mengembangkan jam matahari dan obelisk yang menjulang tinggi yang akan menandai waktu dengan bayangan yang bergerak dengan matahari. Sekitar 1500 SM, manusia menghasilkan jam pasir, jam air dan lampu minyak, yang mengkalibrasi berlalunya jam dengan gerakan pasir, air dan minyak.

Dari penemuan-penemuan awal ini muncul beberapa upaya dasar untuk menciptakan alarm pagi contohnya seperti jam lilin. Alat-alat sederhana dari Tiongkok kuno ini tertanam dengan paku yang dilepaskan saat lilin meleleh, meninggalkan kuku untuk berdetak keras ke nampan logam di bawah pada waktu yang ditentukan membangunkan tidur. 

Akan tetapi penemuan kasar semacam itu tidak dapat diprediksi dan tidak dapat diandalkan. Maka, sampai penemuan mekanis yang lebih tepat diciptakan, manusia harus bergantung pada bentuk ketepatan waktu lain yang lebih bawaan yaitu jam internal tubuh kita sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement