Selasa 06 Nov 2018 16:33 WIB

Begini Cara Orang Dulu Bangun Pagi Sebelum Ada Alarm

Alasan masyarakat modern memakai alarm adalah karena terbatasnya waktu tidur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tidur yang cukup (Ilustrasi)
Foto: Menshealth
Bangun di pagi hari (ilustrasi)

Dalam penelitiannya tentang praktik tidur historis Inggris, Sasha Handley, seorang dosen senior dalam sejarah modern awal di Universitas Manchester di Inggris, telah menemukan bahwa orang-orang selama era Kristen ini sering mengarahkan tempat tidur mereka ke arah timur tempat matahari terbit. Sehingga memungkinkan orang untuk bangun dengan sinar matahari.

"Sulit membayangkan sekarang dunia di mana pola tidur dan bangun lagi secara langsung dipengaruhi oleh pengaturan dan terbitnya matahari ," ujar Handley pada Live Science.

Fakta lain yang sederhana, tapi penting adalah bahwa orang-orang dahulu kala tidak memiliki cara untuk menjaga rumah mereka dari suara-suara dunia luar, seperti yang kita lakukan hari ini, Handley menambahkan. "Untuk masyarakat yang sangat pertanian sebelum Revolusi Industri, suara alam mungkin benar-benar hal yang penting," katanya. 

Suara ayam jantan berkokok dan merengek sapi yang menunggu untuk diperah akan mengganggu tidur orang. Lonceng gereja juga berfungsi sebagai jenis jam alarm awal.

Handley berpikir bahwa secara historis, orang mungkin juga lebih termotivasi secara pribadi untuk bangun pada jam tertentu. Penelitian tentang Inggris modern awal menunjukkan bahwa selama era ini, jam pagi dilihat sebagai waktu spiritual, ketika kedekatan seseorang dengan Tuhan dapat ditunjukkan dengan bangun pada waktu yang dijadwalkan untuk berdoa.

"Bangun dengan cara yang terjadwal dipandang sebagai tanda kesehatan dan etika yang baik," kata Handley.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement