Kamis 27 Sep 2018 06:34 WIB

5 Tip Masak Sehat untuk Mereka yang Sibuk

Merencanakan menu merupakan salah satu cara makan sehat.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Wanita memasak.
Foto:
Wanita muda belajar memasak masak untuk keluarga

Gunakan waktu luang untuk menyiapkan makanan

Apabila memiliki waktu luang di awal pekan, maka gunakanlah untuk menyiapkan makanan. Dengan cara seperti itu, Anda akan merasa lebih mudah untuk memasak makanan sehat di hari-hari berikutnya.

Apabila sudah merencanakan untuk memakan ayam quesadilla di hari Senin, maka gunakanlah Ahad malam untuk mempersiapkan bahan-bahannya seperti memasak dan memotong ayamnya. Tiriskan dan bilas sekaleng kacang pinto, dan letakkan semuanya di dalam kulkas. Ketika harinya tiba untuk memakan ayam tersebut, Anda tinggal menggabungkan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan dan menghangatkannya.

“Apa pun yang dapat Anda lakukan sebelumnya, dapat mengurangi tekanan selama seminggu Anda mempersiapkan makanan untuk siap disajikan,” kata Weiss.

Hilangkan rasa bersalah karena memakan makanan kaleng atau produk beku

Orang dewasa di Amerika tidak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup. Orang dewasa seharusnya memakan setengah hingga tiga cangkir buah, dan dua hingga tiga cangkir sayuran per hari. Namun menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention di tahun 2017, hanya 12 persen orang dewasa yang mengonsumsi buah-buahan sebanyak jumlah yang disarankan, dan hanya 9 persen saja yang mengonsum sayuran sesuai jumlah yang disarankan.

Selanjutnya, banyak juga orang-orang yang merasa bersalah karena harus memakan makanan kaleng atau produk beku. Padahal menurut Weiss, karena manusia harus memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, maka memakan bayam beku dalam lasagna, labu kalengan dalam panekuk, atau tomat kalengan seharusnya tidak apa.

Buatlah makanan dari bahan cadangan yang telah dibeli

Apabila Anda merasa benar-benar tidak sempat untuk memasak makanan sehat yang membutuhkan banyak waktu, maka Anda bisa membuat makanan sehat secara instan dari bahan makanan cadangan yang telah Anda beli. Maka dari itu, menurut Weiss, memiliki kulkas yang terisi penuh sangatlah menguntungkan. “Ketika Anda memiliki dapur yang dilengkapi banyak bahan makanan (baik bahan makanan segar atau kalengan), Anda dapat membuat makanan sehat yang instan,” kata Weiss.

Contoh dari makanan sehat yang instan yakni Anda dapat mengolah sekotak pasta gandum yang telah Anda beli. Kemudian, Anda lengkapi dengan tumisan bawang putih, sekaleng kacang cannellini, dan bayam beku atau bayam kalengan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement