Kamis 27 Sep 2018 06:34 WIB

5 Tip Masak Sehat untuk Mereka yang Sibuk

Merencanakan menu merupakan salah satu cara makan sehat.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Wanita memasak.
Foto: Republika/Agung Supriyanto.
Wanita memasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang ketika pekerjaan sedang menumpuk, Anda merasa tidak akan sempat untuk menyiapkan makanan sehat. Baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Ketika kesibukan menghampiri, Anda beralih ke makanan-makanan cepat saji atau bahkan kudapan yang kurang sehat.

Menurut seorang ahli gizi diet, Liz Weiss, dalam laman Boston.com, Kamis (27/9), sebenarnya orang-orang yang sibuk itu masih bisa memasak makanan sehat. “Memang dibutuhkan beberapa perencanaan dan beberapa kreativitas. Namun memasak makanan sehat masih sangat bisa dilakukan,” kata Weiss.

Untuk membuktikan perkataannya, Weiss menawarkan enam cara berikut agar orang-orang yang dilanda kesibukan masih dapat mengonsumsi makanan sehat buatan sendiri.

Buat rencana makanan

Pertama, Anda harus membuat perencanaan terlebih dahulu untuk makanan apa saja yang akan diolah pertama. Anda dapat melakukannya dengan membuat catatan tertulis atau menggunakan aplikasi gawai. Perencanaan dilakukan tidak hanya untuk sekali masak, tetapi untuk seminggu penuh. Jadi, Anda tidak perlu merasa bingung keesokan harinya untuk memasak makanan apa lagi karena sebelumnya sudah terencana sampai akhir pekan.

Weiss mengatakan, ketika Anda mencoba untuk merencanakan makanan sehat, terkadang Anda akan merasa bingung ingin mengolah makanan apa. Maka dari itu, Weiss menyarankan mencari banyak resep makanan daring dan membaginya sesuai dengan waktu. Apakah resep tersebut tepat untuk makan pagi, siang, atau malam. “Tanpa perencanaan, Anda cenderung akan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan,” kata Weiss.

Buat daftar belanja

“Dengan perencanaan makanan yang terorganisir, Anda sudah menghemat waktu karena Anda tidak perlu kembali lagi ke toko,” kata Weiss. Karena sudah membuat rencana makanan selama seminggu, maka Anda pasti sudah membuat daftar bahan-bahan apa saja yang harus dibeli. Dengan begitu tidak perlu setiap hari pergi ke toko untuk membeli bahan makanan untuk dimasak esok hari.

Apabila tidak punya cukup waktu untuk berbelanja, Weiss merekomendasikan untuk menggunakan layanan jasa yang dapat mengantarkan bahan-bahan makanan yang Anda pesan langsung ke rumah. Weiss juga menambahkan ketika pergi berbelanja, selain untuk membeli bahan makanan sesuai rancangan makanan sehat yang telah dibuat, beli bahan makanan lain sebagai cadangan seperti beberapa makanan kaleng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement