Rabu 24 Jan 2024 18:49 WIB

Ini Lima Fakta dan Mitos Seputar Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat mencakup semua unsur gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

Pola makan yang sehat mencakup semua unsur gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Pola makan yang sehat mencakup semua unsur gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut Hari Gizi Nasional pada 25 Januari 2024, dokter gizi dr. Putri Sakti Dwi Permanasari dan Tokopedia membagikan lima fakta dan mitos seputar makan sehat dan bergizi serta penerapan pola hidup yang lebih sehat bagi masyarakat. Pola makan yang sehat mencakup semua unsur gizi yang seimbang sesuai kebutuhan tubuh. 

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, jika seseorang mengonsumsi makanan yang melebihi kebutuhan tubuhnya, hal ini akan berisiko pada timbulnya penyakit, seperti jantung koroner, diabetes mellitus, hipertensi, arthritis, batu empedu, dan penyakit lainnya, seperti dikutip dari keterangan pers Tokopedia, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga

“Gizi seimbang menjadi hal paling penting dalam menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya, selain karbohidrat sebagai sumber energi utama, tubuh juga membutuhkan sumber zat pembangun dan pengatur lainnya yang bisa didapat dari protein nabati dan hewani,” kata dr. Putri.

Dia menambahkan, “Keduanya juga mengandung lemak yang penting bagi tubuh asalkan dikonsumsi sesuai kebutuhan,” katanya.

Oleh karena itu, berikut lima fakta dan mitos seputar makan sehat berdasarkan saran dari dokter gizi.

1. Makan malam akan membuat berat badan naik adalah mitos

Faktanya, makan malam tidak akan membuat berat badan naik jika jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari tetap sesuai kebutuhan kalori per orang dan membatasi konsumsi makanan manis serta berlemak.

Seseorang yang sedang menurunkan berat badan disarankan untuk makan malam 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur untuk menghindari risiko asam lambung naik. Ketika lapar saat malam hari, dokter menyarankan untuk memakan buah-buahan, seperti blueberry yang mengandung zat antioksidan.

Hindari juga mengonsumsi camilan, seperti makanan olahan atau yang digoreng dengan minyak berlebih.

2. Mindful eating lebih baik dibandingkan mengurangi porsi makan adalah fakta

Mengurangi porsi makan berlebihan hingga menghindari makanan tertentu demi menurunkan berat badan justru tidak baik. Lebih baik, terapkan mindful eating karena tidak ada makanan yang terlalu baik maupun jahat.

Mindful didasarkan pada kesadaran penuh seseorang saat makan. Misalnya, memperhatikan apa saja yang dimakan, besarnya porsi makanan, mengetahui kapan saat lapar dan saat kenyang,” kata Putri.

Masyarakat dapat mengikuti anjuran....

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement