Rabu 25 Oct 2023 21:36 WIB

Jangan Sampai Stres, Ini Kiat Sehat untuk Budak Korporat

Penting untuk mampu mengelola stres dan beristirahat yang cukup.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Gaya hidup sehat tidak hanya penting untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga memberikan dasar yang kuat bagi kesehatan mental. (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Gaya hidup sehat tidak hanya penting untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga memberikan dasar yang kuat bagi kesehatan mental. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMBAGAPURA -- Menerapkan pola hidup sehat tentu penting bagis setiap orang. Hal ini tidak terkecuali bagi kaum karyawan yang sering kali lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja.

Puteri Indonesia 2002 sekaligus pemengaruh gaya hidup sehat, Melanie Putria, membagikan beberapa teknik olahraga yang benar bagi karyawan. Ia juga menyoroti jenis-jenis latihan yang aman dan sederhana yang mudah diikuti dan dapat disesuaikan dengan tipe tubuh. 

Baca Juga

“Untuk pemanasan, saya sarankan untuk melakukan dynamic stretching, seperti squat, leg swings, dan jumping jacks, untuk menaikkan heart rate,” kata Melanie dalam acara bersama PT Freeport Indonesia (PTFI), dikutip Rabu (25/10/2023).

Melanie memberikan pembekalan mengenai gaya hidup sehat. Itu mencakup tips-tips berolahraga, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hingga pentingnya mengelola stres dan beristirahat yang cukup.

 

Ketika berolahraga, dia selalu memegang prinsip FITT, yaitu Frequency, Intensity, Time, dan Type. Untuk menjaga tubuh yang fit, dia menyarankan untuk melakukan latihan kardio sebanyak tiga hingga lima kali, serta dua kali latihan otot dalam satu minggu. Selain itu, penting untuk memperhatikan intensitas dan waktu berlatih agar hasil yang didapatkan optimal. ''Untuk olahraga intensitas sedang, cukup luangkan waktu 150 menit per pekan. Sedangkan untuk olahraga intensitas tinggi, hanya perlu berlatih selama 75 menit per minggunya,'' katanya.

Selain berolahraga, Melanie juga menyampaikan pentingnya menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Kemampuan untuk mengelola stres merupakan aspek penting dalam mewujudkan tubuh yang sehat. “Kita harus sadar terhadap tanda-tanda fisik yang berfungsi sebagai pengingat bahwa kita sedang mengalami stres, mulai dari sakit pada kepala, leher, dan pundak, tidak merasa lapar, hingga otot terasa tegang,” kata dia. 

Untuk mengatasinya, bisa dengan latihan pernapasan, berpikir positif, serta menjaga mood yang baik dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, Melanie menekankan pentingnya kualitas tidur dalam menjaga pola hidup sehat. Disebutkan setiap orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam waktu tidur yang berkualitas setiap harinya. Tidur nyenyak tanpa terganggu perasaan gelisah menjadi penting karena dapat berpengaruh positif untuk aktivitas keesokan harinya.

Melanie Putria juga menambahkan bahwa gaya hidup sehat tidak hanya penting untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga memberikan dasar yang kuat bagi kesehatan mental. Dengan badan yang lebih sehat, manfaatnya akan lebih banyak dirasakan. Tidak hanya pada tingkat produktivitas kita sebagai pekerja, tetapi juga keadaan mental yang lebih stabil. “Kita jadi lebih bahagia dan memiliki energi lebih banyak untuk menjalani hari,” kata Melanie. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement