Rabu 26 Sep 2018 07:31 WIB

Kata Dokter Gigi, Hindari Meletakkan Benda Ini di Mulut

Risiko gigi patah bisa terjadi bila rutin memasukkan benda tertentu di mulut.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Buah lemon.
Foto:
Permen keras

Pulpen, penghapus dan klip kertas

"Orang-orang telah mengunyah pensil, pena, dan klip kertas selama beberapa generasi dan, selama beberapa generasi, orang telah merusak gigi," kata Dr. Vanstrom. Meskipun tergoda untuk mengunyah pena atau penghapus saat bosan, dia menyarankan untuk memilih permen karet bebas gula. Dengan cara ini, Anda tidak menaruh item yang penuh bakteri di mulut Anda dan Anda melestarikan senyum Anda.

Perhiasan

Tindikan wajah mungkin trendi, tetapi cincin menciptakan tempat berkembang biak untuk infeksi, belum lagi menyebabkan pendarahan dan pembengkakan lidah atau jaringan di dekatnya. Selain itu, Dr. Rozenberg menunjukkan bahwa lidah, pipi, atau perhiasan bibir dapat menyebabkan cedera kronis pada gigi dan mukosa yang berdekatan (pipi, bibir, pengecap), termasuk fraktur gigi, dan resesi gusi, yang dapat menyebabkan gigi tanggal.

Keripik

Keripik mungkin tidak dapat disangkal enak dan memuaskan, tetapi keripik kentang tidak baik untuk dikunyah. "Mereka mengandung pati, yang menjadi gula yang bisa terperangkap di dalam dan di antara gigi dan memberi makan bakteri di plak,” kata Dr. Rozenberg. Karena kita jarang hanya memiliki satu, produksi asam dari chip tetap hidup dan bertahan beberapa saat.

Rokok

Anda mungkin sangat menyadari fakta bahwa rokok sangat buruk untuk kesehatan Anda dan penyebab kanker dan segudang penyakit lainnya. Ya, bukan saja mereka sangat buruk untuk kesehatan Anda secara keseluruhan tetapi mereka benar-benar keras di mulut Anda.

"Selain menjadi salah satu penyebab utama kanker mulut, rokok menodai gigi dan menyebabkan halitosis (bau mulut)," kata Dr Veytsman.

Karcis parkir

Mungkin kedengarannya aneh, tetapi Dr. Dorfman terus-menerus melihat orang menarik ini dari mesin di garasi, dan meletakkannya di mulut ketika mereka parkir. Tidak hanya karcis parkir, atau apa pun yang Anda terima dari ruang publik seperti karcis, itu tidak steril, tetapi mereka tidak melakukan apa pun untuk gigi. Sering dicetak di atas kertas termal, mereka penuh dengan bahan kimia yang buruk bagi mulut dan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement