Selasa 21 May 2024 05:05 WIB

Terlahir dengan 12 Jari, Pria India Bisa Putar Kelingking Ekstranya Sampai 360 Derajat

Pertumbuhan jari ekstra dikenal dengan istilah ulnaris polidaktili.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pria asal India, Karan Shetty, terlahir dengan 12 jari. Jarinya kini tinggal 11 setelah jari ekstranya dibuang akibat infeksi.
Foto: Dok Instagram/OrdinariGymGuy
Pria asal India, Karan Shetty, terlahir dengan 12 jari. Jarinya kini tinggal 11 setelah jari ekstranya dibuang akibat infeksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria yang lahir dengan 12 jari menjadi viral di media sosial belum lama ini. Dalam video pendek yang dibagikan ke Instagram, pria India bernama Karan Shetty itu menunjukkan caranya menggunakan jari ekstranya di gym.

Jari mungil tersebut tumbuh tepat di sebelah kelingkingnya. Di unggahan yang telah ditonton 5,9 juta kali dan lebih mendapat lebih dari 92.800 likes itu Shetty memperlihatkan kelingking ekstranya bisa memutar sampai 360 derajat.

Baca Juga

Jari ekstra itu tumbuh di sebelah kelingking kiri Shetty. Ia bisa memutar jari tambahannya karena tidak ada sendinya walaupun ada bertulang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karan Shetty (@ordinaryjimguy)

Dikutip dari The Sun, Senin (20/5/2024), Shetty menjadi viral setelah memperlihatkan bagaimana kelingking ekstra itu berguna selama latihannya di gym. Pemilik akun Instagram Ordinary Gym Guy itu sebetulnya terlahir dengan 12 jari, namun jari keenam di tangan kanannya harus dipotong ketika ia masih kecil karena infeksi.

Kini, Shetty hanya memiliki 11 jari. Pria berusia 26 tahun ini mengaitkan fenomena aneh tersebut dengan faktor genetiknya.

Shetty bukan orang pertama di keluarganya yang dilahirkan dengan beberapa jari tambahan. Selain kakek buyutnya, tiga nenek dan satu bibinya pun juga memilikinya.

"Pada generasi ini, sayalah yang memilikinya sekarang," kata Shetty yang juga seorang insinyur jaringan dari Mumbai, India.

"Itu membuat saya unik. Saya bisa merasakan jarinya, ada tulangnya tapi tidak ada persendiannya. Bisa berputar hingga 360 derajat karena tidak ada sambungannya. Pada beberapa anggota keluargaku bahkan jari ekstra ada yang ditumbuhi kuku," ucap dia.

Jari ekstra Shetty sering kali menjadi objek daya tarik bagi orang-orang di sekitarnya.

"Orang-orang di sekitar saya menganggapnya lucu dan lembut, mereka suka memegang dan bermain-main dengannya. Saya juga mengadakan pertunjukan sulap untuk anak-anak di bawah tujuh tahun karena itu adalah sesuatu yang tidak biasa bagi mereka,” papar Karen.

Dalam video yang diunggahnya, Shettymemperlihatkan bagian depan dan belakang tangannya ke kamera, memamerkan jari kelingkingnya yang ke-11. Dia mengangkat beban di gym, dan memutar jarinya untuk memeluk sisi lain gagangnya. Shetty kemudian mulai melakukan deadlift beban.

Shetty memberi judul pada klip tersebut, "Ucapkan 'HI' kepada jari keenam kelingkingku yang lucu". Video itu telah mengumpulkan ratusan komentar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement