Rabu 19 Sep 2018 13:49 WIB

Cokelat Bantu Tidur Malam Lebih Nyenyak

Asam amino triptofan cokelat mempengaruhi hormon pengatur pola tidur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Minuman cokelat panas.
Foto: Pixabay/StevePB
Minuman cokelat panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan cokelat batang atau minum segelas cokelat panas sebelum tidur bisa membantu terlelap lebih nyenyak. Cara mudah ini dapat membantu orang-orang yang mengidap insomnia atau kesulitan tidur di malam hari.

Ahli nutrisi Sophie Medlin dari King's College London menyampaikan penjelasan mengenai manfaat tersebut. Menurut Medlin, cokelat membantu tidur lebih nyenyak karena memiliki kadar asam amino triptofan yang tinggi.

Baca Juga

"Triptofan sangat berpengaruh terhadap tingkat melatonin, hormon penting yang mengontrol pola tidur. Camilan cokelat sebelum tidur sebenarnya sangat baik, asal tidak berlebihan," ungkapnya.

Bagi penderita insomnia yang tidak menyukai makanan manis atau rasa khas cokelat, ada alternatif camilan lain yang dia sarankan. Mereka bisa memilih makanan gurih yang kaya vitamin B, kalsium, dan magnesium.

Beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan antara lain keju, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yogurt. Bisa juga mengonsumsi sedikit porsi daging atau ikan (di luar makan malam), serta sayuran berdaun gelap.

Sebuah survei yang dilakukan Time for Sleep mengungkap, lebih dari sepertiga warga Inggris memiliki kebiasaan mengudap sebelum tidur. Karenanya, menurut Medlin memilih camilan sehat yang berkhasiat adalah sebuah keharusan.

Cokelat masuk dalam peringkat lima besar daftar camilan favorit. Selain penganan itu, 30 persen orang memilih keripik, 30 persen menikmati keju, 28 persen mengulum permen, dan 26 persen makan roti sebelum tidur, dikutip dari laman Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement