Selasa 08 Aug 2023 14:45 WIB

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Perhatikan 3 Hal Ini

Tidur yang cukup dan berkualitas memberi dampak signifikan pada kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tidur lebih nyenyak dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor kuantitas,kualitas dan konsistensi./ilustrasi
Foto: Piqsels
Tidur lebih nyenyak dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor kuantitas,kualitas dan konsistensi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Selain rajin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat, tidur yang cukup dan berkualitas juga memberi dampak signifikan terhadap kesehatan.

Tidak hanya menciptakan perasaan lebih baik, tenang, dan rasional, tidur berkualitas juga membantu menjaga kondisi jantung lebih sehat, meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh, serta membantu reparasi dan regenerasi sel.  

Baca Juga

Studi menyatakan tiga dari empat orang di Asia Tenggara mengaku sulit tidur di malam hari. Sebanyak 27 persen responden dari Indonesia menyatakan susah tidur setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Sleep Educator Vishal Dasani mengungkapkan tidur berkualitas dapat mulai dari persepsi yang benar mengenai tidur itu sendiri. Bahkan, bisa tidur delapan jam sehari pun belum tentu merasa segar di pagi hari.

 

“Belum tentu fresh saat bangun karena belum tentu berkualitas. Apalagi jika hanya dua jam, pasti tidak cukup,” kata Vishal dalam peluncuran Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic di Jakarta pekan lalu.

Menurut dia, tubuh manusia menyukai konsistensi, termasuk dalam melakukan tidur yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kondisi tubuh dan pola hidup. Faktor yang harus diperhatikan adalah 3K, yaitu kuantitas (durasi), kualitas (fase tidur) dan konsistensi.

Banyak riset menyebutkan bahwa tidur berkualitas akan sangat mudah didapatkan saat memiliki jam tidur dan bangun yang konsisten. Contohnya hari Senin tidur pada jam 11 malam, besoknya tidur jam 3 pagi, maka itu tidak konsisten.

Saat mendapat jadwal konsisten, maka tidur akan lebih mudah dan berkualitas. Untuk durasi tidur, tetap ada kebutuhan minimum supaya bisa mendapatkan pemulihan optimal dari tidur itu sendiri.

Dimulai dari jadwal konsisten, kemudian durasi cukup dan setelah itu mendapat kualitas dari tidur. Berikut manfaat yang bisa diraih dari tidur berkualitas:

  • Mood bagus tidak mudah marah, tidak mudah panik, atau merasa takut
  • Peningkatan fokus, daya ingat semakin bagus dan tidak hanya pada tubuh, tapi juga terjadi detoks pada otak. Fungsi kognitif akan jauh lebih bagus
  • Dampak positif untuk kinerja organ, tekanan darah, jantung dan lainnya
  • Mengontrol nafsu makan. Riset menunjukan bahwa tidur yang bagus juga berkaitan dengan pilihan makanan yang semakin bagus 
  • Kulit lebih glowing. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement