Selasa 03 Oct 2017 07:49 WIB

Spielberg, Film Dokumenter Sang Sutradara Legendaris

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hazliansyah
Steven Spielberg
Foto: AP Photo
Steven Spielberg

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film dokumenter "Spielberg" akan segera rilis dan tayang secara eksklusif di saluran televisi HBO pada Ahad (8/10). Tayangan ini berkisah tentang perjalanan karier salah satu pembuat film terkenal di dunia, Steven Spielberg.

Film panjang tersebut disutradarai dan diproduseri oleh sosok dokumenter ternama Susan Lacy. Ia mengulas filmografi Spielberg secara mendalam, juga mengungkap pengalaman yang menjadi acuan Spielberg dan perubahan pada tiap karyanya.

Berdasarkan pernyataan resmi HBO Asia, Lacy melakukan hampir 30 jam wawancara eksklusif dengan sang sutradara ikonik. Spielberg disebut begitu terbuka menceritakan masa kecil yang pahit dan obsesi membuat karya, seperti "Jaws", "Jurassic Park", "Saving Private Ryan", dan masih banyak lagi.

Lacy mewawancara lebih dari 80 orang dari dunua perfilman, mulai dari jajaran selebritas, sutradara, produser, sampai ke para pelaku industri. Film dokumenter Spielberg juga mengikutsertakan pandangan dari anggota keluarga Spielberg, sahabat, dan koleganya.

Hasilnya adalah potret intim yang menyentuh dari Spielberg. Sineas 70 tahun kelahiran Ohio, AS, itu pun mengungkap banyak hal seputar perpisahan, rekonsiliasi, patriotisme, kemanusiaan, dan keajaiban yang berulang sepanjang pekerjaannya.

Tangan dingin Lacy sangat teruji, mengingat pengalamannya yang telah memproduksi sekitar 250 film. Ia juga menyutradarai film-film mengenai sejumlah tokoh seperti Leonard Bernstein, David Geffen, Joni Mitchell, Judy Garland, Paul Simon, Rod Serling, dan Lena Horne.

Kreator dari serial WNET terkenal American Masters yang ditayangkan di PBS secara nasional itu juga telah memenangkan berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya termasuk sepuluh Primetime Emmy dan ajang penghargaan Peabody Award.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement