Kamis 24 Aug 2017 07:16 WIB

Lawan Kebencian di AS, George Clooney Lakukan Amal

Rep: Dwina Agustin/ Red: Winda Destiana Putri
George dan Amal Clooney
Foto: CNN
George dan Amal Clooney

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- George Clooney dan Amal Clooney berjanji akan ikut terlibat dalam perlawan dengan kelompok-kelompok yang menyampaikan kebencian di Amerika Serikat. Pasangan tersebut membuktikan komitmennya dengan menyumbangkan 1 juta dolar untuk tujuan tersebut.

Melalui The Clooney Foundation for Justice, mereka akan bekerja dengan Southern Poverty Law Center (SPLC) dalam upaya tersebut. SLPC telah berdiri sejak tahun 1971 dengan tujuan memastikan hak-hak sipil bagi semua warga negara. Kelompok tersebut memantau kelompok kebencian di Amerika, mengajarkan toleransi di seluruh negeri dan meminta kelompok pembenci tersebut bertanggung jawab melalui proses pengadilan.

Mengingat kejadian terakhir di Charlottesville, ketika sebuah demonstrasi neo-Nazi dan KKK yang kejam turun ke jalan-jalan dan disambut dengan gelombang oposisi yang kuat dari gerakan kontra. Bantuan dana yang dikucurkan pasangan tersebut akan sangt membantu.

"Seperti George dan Amal Clooney, kami terkejut dengan ukuran, keburukan, dan keganasan pertemuan supremasi kulit putih di Charlottesville. Kami sangat berterima kasih kepada Clooney Foundation karena telah berdiri bersama kami pada saat kritis dalam perang melawan kebencian di negara ini," kata Presiden SPLC Richard Cohen dikutip dari E!Online, Rabu (23/8).

Amal, seorang pengacara hak asasi manusia, dan George, seorang aktivis hak asasi manusia, sebelumnya telah menyumbang untuk membantu daerah-daerah di seluruh dunia. Pada bulan Juli The Clooney Foundation menangani masalah lain seperti pendidikan untuk pengungsi. Bermitra dengan Google, HP dan UNICEF mereka dapat mengumpulkan 2,25 juta dolar untuk pendidikan anak-anak Suriah yang tinggal di Lebanon.

"Kami bangga mendukung Pusat Hukum Kemiskinan Selatan dalam upayanya untuk mencegah ekstremisme kekerasan di Amerika Serikat. Apa yang terjadi di Charlottesville, dan apa yang terjadi di komunitas di seluruh negeri kita, menuntut persatuan kolektif kita untuk berdiri untuk melawan membenci," kata Clooneys.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement