Rabu 05 Jul 2023 16:15 WIB

Pemeran Batman dan Alasan Mereka 'Pensiun', Ada yang Merasa Filmnya Hanya Buang-Buang Uang

Selama bertahun-tahun, Batman diperankan oleh banyak aktor yang datang dan pergi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Batman. Beberapa aktor pernah berperan menjadi Batman. Masing-masing memiliki alasan mengapa memilih mundur dari peran superhero tersebut.
Foto: warner bros
Batman. Beberapa aktor pernah berperan menjadi Batman. Masing-masing memiliki alasan mengapa memilih mundur dari peran superhero tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Batman alias Bruce Wayne termasuk karakter favorit dari DC Comics maupun deretan sinema dan serial DC. Batman pertama kali muncul di komik pada 1930-an, dibuat oleh Bob Kane dan Bill Finger.

Sosok ini dikenal karena kecerdasannya, kepribadiannya yang gelap, dan latar belakang miliardernya. Batman telah melindungi penduduk Gotham dari banyak ancaman dan penjahat. Selama bertahun-tahun, tokoh pahlawan super yang punya julukan "The Caped Crusader" ini diperankan banyak aktor yang datang dan pergi pada sejumlah film dan serial.

Baca Juga

Ada sejumlah alasan di balik itu, dikutip dari laman MovieWeb, Rabu (5/7/2023):

1. Ben Affleck

 

photo
Ben Affleck pemeran tokoh Bruce Wayne di film Batman v Superman: Dawn of Justice. - (EPA)

 

Dalam sebuah wawancara, Affleck mengungkapkan dia tidak senang memainkan peran Batman setelah suatu pengalaman saat menggarap film Justice League (2017). Ada juga beberapa alasan yang tidak ingin dia sebutkan.

Sahabat Affleck, aktor Matt Damon, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusannya untuk keluar dari waralaba DC. Damon mendorong Affleck untuk melakukan hal-hal yang membuatnya bahagia.

2. Christian Bale

photo
Aktor Christian Bale saat memerankan karakter Bruce Wayne atau Batman. - (Warner/DC)

 

Waralaba Dark Knight di mana Bale berperan sebagai Batman dianggap sebagai salah satu trilogi Batman terbaik yang pernah ada. Bale hanya membintangi tiga judul film. Dia mau kembali ke waralaba hanya jika Christopher Nolan yang menyutradarai film lain tentang Batman dan memintanya terlibat.

3. George Clooney

photo
Aktor George Clooney berperan sebagai Batman. - (DC/Warner Bros)

 

Film Batman dan Robin yang dirilis pada 1997 yang dibintangi oleh George Clooney sukses secara komersial. Sayangnya, film tersebut dianggap buruk oleh penonton maupun kritikus.

Clooney pun menyadari penampilannya sebagai Batman di film itu tidak terlalu bagus dan kurang dieksplorasi dalam cerita. Dia pernah menyebut film itu "buang-buang uang" dan mungkin telah merusak keseluruhan waralaba.

4. Michael Keaton

photo
Michael Keaton (kiri) kembali menjadi Batman di film The Flash. - (Warner Bros/DC)

 

Keterlibatan Michael Keaton sebagai Batman merupakan ajakan dari sutradara Tim Burton, yang waktu itu mengarahkan film. Namun, setelah dua judul yang rilis 1989 dan 1992, sutradara Burton keluar dari waralaba. Keaton ikut pergi, membuat sekuel berjudul Batman Forever punya sutradara dan pemeran utama berbeda.

5. Lewis Wilson

photo
Aktor Lewis Wilson berperan sebagai Batman. - (DC)

 

Lewis Wilson adalah aktor pertama yang mengenakan setelan manusia kelelawar bersama Douglas Croft sebagai Robin di tahun 1940-an. Sayangnya, Wilson menghadapi kritik atas penampilannya yang tidak meyakinkan di serial film rilisan 1943 itu.

Para kritikus merasa karakter tidak mampu menampilkan gaya buku komik ke layar. Pada seri lain pada 1949, sosok Batman digantikan diperankan oleh Robert Lowery. Wilson lantas membuat film di genre lain seperti Wild Women dan There Something About a Soldier.

6. Adam West

photo
Aktor Adam West ketika berperan sebagai Batman. - (DC/Warner Bros)

 

Adam West dianggap sebagai salah satu aktor Batman paling ikonik dalam sejarah waralaba. Dia memerankan Batman di serial TV ABC di tahun 1960-an berjudul Batman, yang akhirnya dibatalkan setelah tiga musim karena terpantau ada penurunan peringkat.

Meski tak lagi memerankan Batman di serial televisi, West tetap mempertahankan kecintaannya terhadap karakter itu. Dia menjadi pengisi suarakan beberapa film animasi seperti Batman: Return of the Caped Crusaders dan Batman vs Two-Face.

7. Val Kilmer

photo
Aktor Val Kilmer berperan sebagai Batman. - (DC/Warner Bros)

 

Val Kilmer memerankan Batman di film Batman Forever rilisan 1995. Keterlibatannya tidak bertahan lama. Dia keluar dengan alasan penampilannya dibayangi oleh akting hebat Jim Carrey sebagai The Riddler dan Tommy Lee Jones sebagai Two-Face. Ada rumor lain dia berseteru dengan sutradara Joel Schumacher.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement