Senin 24 Jul 2017 15:00 WIB

Mencicipi Nangka Bumbu Barbecue di Atas Sepotong Roti

Slow Cooked Young Jackfruit in Citrus BBQ Sauce on Sourdough Toast.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Slow Cooked Young Jackfruit in Citrus BBQ Sauce on Sourdough Toast.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nangka kerap diasosiasikan dengan menu khas Indonesia. Gudeg atau sayur nangka. Menyebut masakan lain yang menggunakan sayur nangka pun rasanya harus berpikir keras.

Di tangan Chef Aditya Muskita dari Attarine Jakarta, nangka bisa berubah wujud menjadi hidangan lezat yang tak terduga. Siapa sangka, nangka bisa bersanding di atas sepotong roti tak ubahnya ayam, daging, atau keju.

Lewat kreasi Aditya lahir Slow Cooked Young Jackfruit in Citrus BBQ Sauce on Sourdough Toast. Aditya bercerita idenya dimulai saat ia bekerja di Bali tiga tahun lalu. Bali merupakan surga bagi pecinta makanan vegetarian. Di sebuah restoran Aditya bertemu dengan orang yang bercerita tentang nangka yang dipandangnya memiliki rasa mirip daging.

Inspirasi pun muncul. "Tahu sandwich daging yang dagingnya disuwir-suwir? Itu inspirasinya," katanya.

 

Aditya mencoba mengangkat nangka jadi kreasi yang menarik. Dengan modal tekstur yang mirip daging, nangka lalu dimasak hingga tercipta tekstur mirip daging yang disuwir dengan rasanya barbecue.

"Pertama nangka direbus di kaldu sayur sampai teksturnya dapat," ujarnya. Kemudian nangka dicampur dengan saus barbecue dengan sedikit perasan jeruk. Terakhir nangka yang sudah berbumbu itu dimasukkan ke oven kayu dengan teknik pengasapan selama 10 menit.

Aditya mengatakan, mengasapi nangka mengubah cita rasa membuatnya tampil lebih mirip lagi dengan daging. Terakhir nangka diletakkan di atas sepotong roti.

Sebelum memutuskan memberi bumbu barbecue Aditya pernah bereksperimen dengan saus lain. Butuh waktu tiga hari sampai akhirnya resep nangkanya sempurna.

Tertarik? Menu tersebut bisa dicicipi di restoran Attarine yang terletak di Jalan Gunawarman nomor 11A Jakarta Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement