Ahad 04 Jun 2017 08:30 WIB

Daftar Buah Kering dengan Segudang Manfaat

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
 Warga membeli kurma di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta, Jumat (26/5).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Warga membeli kurma di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta, Jumat (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, Buah kering adalah makanan yang memiliki segudang manfaat. Dilengkapi dengan nutrisi-nutrisi penting, buah kering mampu mencegah penyakit jantung, menjaga kadar kolesterol, mencegah anemia, dan memperbaiki tingkat hemoglobin. Berikut ini adalah buah-buahan kering yang memiliki segudang manfaat itu seperti dikutip dari Indian Express.

Almond

Almond adalah alternatif sehat untuk kebutuhan camilan seseorang. Almond kaya antioksidan dan tidak mengandung kolesterol. Kacang ini juga dikenal mampu meredakan sembelit, masalah pernapasan, kelainan jantung, dan juga memiliki banyak manfaat untuk rambut, kulit, dan gigi.

Kacang Mete

Kacang mete memiliki banyak manfaat kesehatan dan kaya vitamin E serta B6. Mete juga kerap digunakan untuk memberikan tekstur serta rasa yang kaya untuk berbagai olahan masakan.

Kismis

Kismis dibuat dari anggur yang dikeringkan. Kismis sering digunakan untuk berbagai jenis masakan baik manis maupun gurih. Kismis diketahui dapat memperlancar proses pencernaan.

Kacang Walnut

Walnut memiliki nutrisi yang sangat kaya. Kacang berkulit ini memiliki asam lemak omega-3, serat diet, protein, antioksidan, vitamin, dan juga mineral.

Pistachio

Saudara dari keluarga kacang mete ini bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pistachio juga mampu menurunkan kadar kolesterol buruk, mencegah diabetes, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kurma

Buah khas daerah Timur Tengah ini kerap digunakan untuk campuran masakan dan juga dikonsumsi secara langsung. Kurma kaya vitamin, protein, mineral, dan gula alami. Kurma diyakini mampu meredakan sembelit dan menangani anemia.

Aprikot

Aprikot mampu memenuhi 47 persen kebutuhan vitamin A orang dewasa dalam satu porsi sajian. Aprikot juga kaya potasium, vitamin E, dan tembaga. Vitamin E seperti halnya seluruh vitamin antioksidan lain sangat penting untuk menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement