Rabu 19 Apr 2017 09:36 WIB

Cara Benar Buat Teh Menurut Pakar Makanan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Teh panas
Foto: pixabay
Teh panas

REPUBLIKA.CO.ID, Membuat teh kesannya sangat gampang. Tinggal siapkan secangkir air panas, celupkan kantung teh beberapa saat, tambahkan gula, susu, madu, atau lemon sesuai selera, lalu teh pun siap disajikan.

Pakar makanan Dr Quan Vuong meralat cara itu dan menjelaskan cara membuat teh yang menurutnya lebih tepat. Trik yang ia tawarkan adalah memasukkan air dan kantung teh ke dalam microwave terlebih dahulu.

Vuong mengklaim, memanaskan air di dalam microwave akan memberikan keuntungan optimal dari teh. Selain rasa yang lebih kuat dibandingkan merebus air di ketel, cara itu juga mengaktivasi 80 persen kafein dalam teh, juga kandungan polyphenol (antioksidan) dan theanine (asam amino).

Laman ABC melaporkan, Vuong menyarankan beberapa langkah pembuatan teh yang tepat menurut versinya. Pertama, sama dengan cara yang lazim dilakukan, yakni isi cangkir dengan air panas dan masukkan kantung teh celup.

Kemudian, panaskan cangkir berisi air dan teh itu dalam microwave selama 30 detik pada kekuatan setengah penuh. Ambil dan dinginkan cangkir selama satu menit setelah tahap tersebut, barulah teh siap diminum.

Ia juga melakukan eksperimen microwave dengan beberapa jenis makanan lain yaitu lemon pomace dan kacang macadamia. Peningkatan nutrisinya terbukti, tapi dua makanan itu tidak terlalu populer seperti teh.

Vuong menyarankan konsumsi tinggi 'teh microwave' itu untuk mendapat manfaat kesehatan maksimal. Jumlah yang ia sarankan adalah tiga cangkir teh dalam sehari, seperti dilansir dari laman Travel and Leisure.

Baca juga: Minum Teh dan Kopi Bisa Picu Anemia? Ini Jawabannya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement