Rabu 31 Aug 2022 12:50 WIB

Manfaat Teh untuk Kesehatan

Teh punya manfaat kesehatan.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Manfaat Teh untuk Kesehatan. Foto:   Teh kayu manis dipercata bisa menurunkan gula darah dalam 30 menit. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Manfaat Teh untuk Kesehatan. Foto: Teh kayu manis dipercata bisa menurunkan gula darah dalam 30 menit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Studi mengungkapkan secangkir teh membuat tubuh sedikit lebih santai. Teh dapat menjadi bagian dari diet sehat dan orang yang minum teh bahkan mungkin sedikit lebih mungkin untuk hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

Dilansir dari nbcnews pada Rabu (31/8/2022), teh mengandung zat bermanfaat yang dikenal dapat mengurangi peradangan. Studi sebelumnya di China dan Jepang, di mana teh hijau populer, menyarankan manfaat kesehatan. Studi baru memperluas kabar baik ke minuman favorit Inggris yaitu teh hitam.

Baca Juga

Para Ilmuwan dari Institut Kanker Nasional AS bertanya tentang kebiasaan minum teh hampir setengah juta orang dewasa di Inggris, kemudian mengikuti mereka hingga 14 tahun. Mereka menyesuaikan faktor risiko seperti kesehatan, sosial ekonomi, merokok, asupan alkohol, diet, usia, ras dan jenis kelamin.

"Asupan teh yang lebih tinggi dua cangkir atau lebih setiap hari dikaitkan dengan manfaat sederhana yaitu risiko kematian 9 persen hingga 13 persen lebih rendah dari penyebab apapun daripada peminum non teh. Suhu teh atau penambahan susu atau gula tidak mengubah hasilnya," katanya.

Studi yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine, menemukan hubungan itu bertahan untuk kematian akibat penyakit jantung, tetapi tidak ada tren yang jelas untuk kematian akibat kanker.

"Para peneliti tidak yakin mengapa, tetapi ada kemungkinan kematian akibat kanker tidak cukup untuk menunjukkan efek apapun," kata Maki Inoue-Choi, yang memimpin penelitian.

Studi seperti ini, berdasarkan pengamatan terhadap kebiasaan dan kesehatan masyarakat, tidak dapat membuktikan sebab dan akibat.

"Saya suka teh. Sangat bagus untuk diminum. Jika Anda sudah minum satu cangkir sehari, saya pikir itu bagus. Dan tolong nikmati secangkir tehmu," kata dia.

 

Sumber : https://www.nbcnews.com/news/amp/rcna45462

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement